by

Jalan Bojonggede – Cimanggis Mirip Kubangan Kerbau

Cibinong – bogoronline.com – Kendati tiap tahunnya APBD Kabupaten Bogor meningkat signifikan, bahkan masuk tiga besar di Provinsi Jawa Barat, sebagai daerah dengan APBD diatas Rp 5 triliun, namun ironisnya di wilayah berslogan Tegar Beriman ini masih banyak infrastruktur jalan mirip kubangan kerbau, salah satunya terlihat di ruas Jalan Bojonggede – Cimanggis, Kecamatan Bojonggede.

“Jalan ini merupakan akses penghubung bagi warga di empat desa, diantaranya Bojonggede, Kedung Waringin, Waringin Jaya dan Cimanggis, tapi entah kenapa sampai sekarang malah dibiarkan rusak,” keluh seorang penggendara motor bernama Sanusi.

Warga Kampung Sudi Mampir, Desa Cimanggis ini mengaku, seperti dianaktirikan Pemerintah Kabupaten Bogor, padahal tiap tahunnya warga Bojonggede ikut menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) meluai pajak yang dibayarkan. “Jadi wajar dong, kalau kami minta uang pajak yang dibayarkan itu dikembalikan lagi dalam bentuk pembangunan jalan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Eddy Wardani mengatakan, tahun 2016 ini Jalan Bojonggede – Cimanggis akan diperbaiki. “Jalan tak akan lagi diaspal, tapi menggunakan beton biar lebih kuat dan tahan lama,” ujarnya.
Pelaksanaan pembangunan jalan itu kata Eddy, dikerjakan pada triwulan kedua tahun ini. “Sekarang kita sedang menyiapkan dokumen untuk pelelangan di Kantor Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (KLPBJ),” jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Iwan Setiawan meminta, seluruh proyek pembangunan dan perbaikan jalan menggunakan beton. “Biaya memang lebih mahal, tapi anggaran yang dikeluarkan sebanding dengan kekuatannya, dari pada pakai aspal umurnya paling kuat satu tahun,” kata politisi Partai Gerinda ini.

Iwan lebih lanjut mengatakan, pada tahun 2016 ini, Badan Anggaran DPRD telah mengalokasikan uang sebesar Rp 600 miliar. “Selain digunakan membangun jalan baru, anggaran itu akan dipakai membiayai proyek perbaikan dan pemeliharaan jalan di 40 kecamatan,” pungkasnya. (Zah)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed