by

DPRD Minta Proyek TPPAS Nambo Dikebut

Cibinong – bogoronline.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat, diminta mempercepat penyelesaian proyek pembangunan Tempat Pembuangan dan Pengelolaan Akhir Sampah (TPPAS) Nambo, Kecamatan Klapanunggal. Hal disebabkan, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga, di Kecamatan Cibungbulang, yang selama belasan tahun digunakan membuang sampah baik dari Kota maupun Kabupaten Bogor bermasalah terus dan daya tampungnya sudah melibihi kapasitas.
“TPPAS Nambo itu bukan untuk kepentingan Kabupaten Bogor saja, tapi juga Kota Bogor dan Depok, makanya kita mendesak proyek pembangunannya dikebut atau dipercepat,” kata Ketua DPRD Ade Ruhandi, kepada wartawan.

Menurut Ade, TPPAS Nambo itu menjadi solusi untuk mengatasi persoalan sampah di tiga daerah. “Kami ingin target 2017, TPPAS Nambo itu beroperasi tidak meleset, karena jika terjadi, sampah-sampah yang dihasilkan tiga daerah itu akan dibuang kemana lagi, karena sebagaimana kita ketahui Kota Depok juga saat ini kesulitan membuang sampahnya, sebab lokasi pembuangan yang mereka miliki sudah tak mampu lagi menampung sampah,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bogor, Subaweh menambahkan, meski lokasinya berada di Kabupaten Bogor, namun pengoperasian atau pengelolaannya dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, karena merupakan TPPAS Regional.

“Kabupaten Bogor juga diwajibkan membayar retribusi, tapi nilainya mungkin tidak sama dengan yang dibebankan kepada Kota Bogor dan Depok, karena sedikit banyaknya Pemerintah Kabupaten Bogor, memiliki peran merealisasikan pembangunan TPPAS itu, salah satunya dengan membangun jalan baru sepanjang 2,5 kilo meter dari total 5 kilo meter jalan menuju lokasi,”jelasnya.

TPPAS Nambo memiliki areal seluas 40 hektaran dengan rincian, 25 hektar lahan milik Perhutani yang tak produktif dan 15 hektar lainnya, milik Pemerintah Kabupaten Bogor.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, ketika berkunjung ke Cibinong memastikan 2017 mendatang TPPAS Nambo beroperasi. “Tahun ini ada beberapa proyek pembangunan infrastruktur yang akan dibangun dan tak lama lagi pelaksanaannya akan dimulai,” ujarnya.

Selain Nambo, kata Ahmad Heryawan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga membangun tiga TPPAS serupa di sejumlah wilayah, diantaranya Legok Nangka, Nagreg, Kabupaten Bandung. “TPPAS Legok Nangka difungsikan menampung dan mengolah sampah dari kawasan Bandung Raya,” katanya. (Zah)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed