Jepang Dilanda Gempa, Sudah 9 Orang Meninggal Dunia

Kumamoto – Jepang dilanda gempa besar magnitud 6,4 skala richter. Gempa ini, membuat sejumlah bangunan runtuh dan mengakibatkan jatuhnyabkorbam jiea. Data semenetara korban meninggal dunia akibat gempa yang terjadi di Prefektur Kumamoto, Kyushu, Jepang, sebanyak 9 orang. Sementara ratusan lainnya dilaporkan mengalami luka-luka.

Dilansir kantor berita AFP, Jumat (15/4/2016),  petugas terus bekerja untuk mencari warga yang dikhawatirkan masih terperangkap di reruntuhan bangunan.  Namun belum ada informasi rinci mengenai lokasi persis dari korban tewas tersebut.

Gempa sekitar 6,4 SR yang mengguncang hebat beberapa kota di Kumamoto tak hanya menyebabkan bangunan roboh dan fasilitas umum rusak, tapi juga memicu terjadinya kebakaran. Rekaman kantor berita NHK menunjukkan bagaimana petugas mencoba memadamkan api. Sedikitnya 780 orang terluka akibat kebakaran yang terjadi.

Sebuah kamera di salah satu kantor menunjukkan bagaimana layar komputer dan file-file jatuh dari rak. Rekaman tersebut juga menunjukkan bagaimana para karyawan berlindung di bawah meja.

“Saya merasa guncangan cukup kuat, yang belum pernah saya alami sebelumnya. Orang-orang terkejut, akan tetapi saya belum melihat kebingungan ekstrim di kota,” kata seorang pejabat Prefektur Kumamoto, Shunsuke Sakurai, di Kota Kumamoto, kepada AFP.

Sementara itu di Kota Mashiki, masih di Prefektur Kumamoto, puluhan warga berkumpul di depan Balai Kota. Beberapa di antaranya menangis dan beberapa yang lain menyelimuti diri sendiri untuk menangkal dinginnya malam.

“Kami juga menerima informasi yang menunjukkan beberapa orang masih berada di bawah reruntuhan rumah yang roboh,” tutur Sakuragi.