Sukamakmur Dilanda Longsor

Sukamakmur – bogoronline.com- Akibat curah hujan yang tinggi Senin lalu, ruas jalan Gunung Batu Desa Sukaharja, Sukamakmur dilanda longsor. Sehingga, jalan tidak bisa dilalui akibat tertutup material tanah, batu dan pepohonan.

Selain curah hujan yang tinggi, longsor diduga karena ada penambangan batu ilegal disekitar lokasi sehingga kondisi tanah jadi labil. Karena itu pihak kepolisian langsung bertindak dengan memasang garis polisi pada jalan yang dilalui penambang liar tersebut.

Kondisi ini membuat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan wilayah Jonggol, Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kabupaten Bogor bertindak cepat. Bersama unsur muspika, pemerintah desa dibantu masyarakat, langsung membenahi jalan yang tertutup tersebut.

“Setelah mendapat laporan, kami langsung turun ke lapangan. Langkah awal, memindahkan material yang menutupi jalan,” kata Kasubag UPT Jalan dan Jembatan Wilayah Jonggol, Endang Sunardi kepada bogoronline.com, Rabu (6/4) kemarin.

Ruas jalan yang mengalami kerusakan juga terjadi di Kampung Catang Malang, Desa Sukawangi. Jalan ini amblas karena kontur tanah yang labil. Jalan tersebut telah ditinjau Kepala UPT Jalan dan Jembatan wilayah Jonggol Didi Karsidih.

“Pak Didi sudah melihat ke lapangan. Jalan Sukawangi sebelumnya memang sudah longsor. Karena tanah masih labil, kami belum bisa melakukan perbaikan secara maksimal,” pungkas Endang. (Yusuf)