by

Tradisi Ngabesan Masih Kental Di Botim

Jonggol – bogoronline.com-Prosesi pernikahan untuk melayari bahtera rumahtangga, pada tiap daerah berbeda-beda. Perbedaan itu menjadi kekayaan budaya di negeri ini. Kabanyakan yang menonjol dalam prosesi itu adalah pemangku hajat yakni pihak perempuan. Pihak pria hanya menyesuaikan adat istiadat dan tradisi pihak perempuan tersebut.

Tidak bisa dipungkiri, di wilayah Timur Kabupaten Bogor, beberapa tradisi dalam melaksanakan pernikahan itu masih dipertahankan salahsatunya, Ngabesan. Seperti yang terlihat di Kampung Babakan BKS Rt 02/09 Desa Sukasirna Kecamatan Jonggol, pernikahan antara Siti dan Aji.

Dalam acara Ngabesan, pihak laki-laki datang dengan segerombol keluarga dan kerabat yang diartikan sebagai dukungan moril terhadap pernikahan itu. Pihak laki-laki juga membawa barang-barang kebutuhan rumah tangga. Hal itu perlambang strata sosial dalam masyarakat.

“Kami datang bersama keluarga, kerabat dan tetangga sebagai dukungan moril kepada kedua mempelai,” ujar anggota keluarga Nining.

Menurut dia, kegiatan ini harus diikuti sebagai penghormatan kepada pihak perempuan. “Ini tradisi pihak perempuan yang harus kami ikuti” pungkasnya. (Yusuf)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed