Ubah Mindset, Meriahkan Ramadan bukan hanya Syawal

BOGOR – bogoronline.com – Ustadz Suhartono dari Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP) mengajak umat Islam mengubah mindset berpikir dalam beribadah, dengan membalik keadaan memeriahkan menyambut Ramadan ketimbang lebaran. Sehingga umat terhanyut dalam keindahan dan semangat menjalankan ibadah di bulan ramadan sebagai tradisi baru di Indonesia ketimbang hanya sesaat memeriahkan lebaran di awal bulan syawal.

 

“Mari kita ubah mindset berpikir kita justru meramaikan bulan ramadan agar semangat menjalankan ibadah ramadan. Dibalik. Bukan hanya sekedar memeriahkan lebaran setelah ramadan tapi justru memeriahkan di bulan ramadannya agar semakin khusyuk beribadah,” kata Hartono yang alumnus Universitas Al Azhar, Mesir di jenjang sarjana dan magister ini, di SD Kebon Maen dalam acara Tarhib Ramadan, Minggu (24/4).

 

Menurut Hartono, dengan mengubah mindset maka akan terjadi perubahan sosial di Indonesia seperti lebih khusyuk menjalankan berbagai macam ibadah. Sehingga bulan ramadan menjadi bulan yang paling indah, paling bermakna, paling menggembirakan, paling menenangkan dan menyenangkan dengan meramaikan masjid, memperbanyak bacaan Al quran.

 

“Jadi bukan hanya meramaikan menjelang lebaran saja justru menghiasi memperindah menyambut datangnya ramadan,” ujar Hartono.

 

Di bulan Ramadan nabi Muhammad diangkat menjadi rasulullah dengan turunnya Al Quran. Mengubah mindset dimulai dengan mengucapkan “Ramadan Karim” yang artinya mulianya bulan Ramadan dan dijawab dengan “Allahu Akrom”. Kemudian menghiasi rumah dengan lampu-lampu yang lebih terang dan membersihkan rumah lebih bersih dari sebelumnya.

 

“Pokoknya dibuat suasana berbeda daripada hari atau bulan lainnya. Dimulai dari rumah kita sendiri dengan mengucap Ramadan Karim dan dijawab Allahu Akrom. Ini greetingnya atau salamnya,” tandas Hartono yang mengambil jurusan Sejarah Peradaban Islam di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir ini. (Herry Keating)

 

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *