BPJS Kesehatan Permudah Pelayanan, Bagi Yang Sedang Mudik

Kota Bogor – bogoronline.com

Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan menerapkan kebijakan khusus dalam hal pelayanan kesehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2016 ini, untuk peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik tahun ini dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih ringkas, hal itu disampaikan oleh Direktur pelayanan BPJS Kesehatan Bogor Maya Amriyani Rusady saat menggelar konferensi pers di jl.Ahmad Yani Kota Bogor, Rabu (29/6/16).

Peserta BPJS Kesehatan yang tengah mudik, dapat berobat diluar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta BPJS Kesehatan dapat langsung mengunjungi Unit Gawat Darurat (UGD) terdekat yang ditunjuk oleh kantor cabang.

“Pelayanan kesehatan berlaku sejak H-7 hingga H+7 lebaran. Sedangkan pelayanan kesehatan hanya berlaku bagi peserta BPJS Kesehatan yang berstatus aktif. Karena itu, para peserta harus memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif,” ujarnya.

Maya menuturkan, untuk jaminan kesehatan, peserta bisa menggunakan fasilitas BPJS maupun asuransi Jasa Raharja. Menurutnya, ini sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal pelayanan kesehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kami juga sudah siapkan posko mudik di lima titik, yaitu di Pelabuhan Merak Banten, Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, dan Pelabuhan Gilimanuk Bali serta Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar. Posko itu didirikan untuk pemberian pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi hingga sosialisasi program jamnan kesehatan,” tuturnya.

Maya mengimbau agar masyarakat selalu membawa kartu JKN- KIS (KIS-BPJS Kesehatan, dan Jamkesmas. Kartu itupun harus dipastikan masih aktif dengan mengecek iuran peserta dapat dilihat pada website www.bpjs-kesehatan.go.id pada menu cek iuran peserta atau aplikasi BPJS Kesehatan mobile.

“Pelayanan kesehatan bagi peserya JKN-KIS, baik berupa pelayanan medis dasar maupun pelayanan medis non-emergency dapat dilakukan pada IGD rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan di wilayah tersebut. Sedangkan untuk fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta,” pungkasnya.(bunai)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.