Pengumuman Pemudik Motor, Hanya Boleh Dinaiki Dua Orang

bogorOnline.com
Dilansir dari salah satu media online nasional, selain membawa barang bawaan yang banyak, pemudik sepeda motor banyak juga membawa anggota keluarga. Terkadang, satu motor bisa dinaiki empat orang, yakni suami, istri, dan dua orang anak yang duduk di depan dan di tengah.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, membawa penumpang melebihi kapasitas tak sesuai dengan konsep berkendara aman. Daya tampung atau daya angkut motor hanya untuk menampung dua orang dewasa.

“Enggak perlu semuanya dibawa dengan sepeda motor. Kalau orang yang mudik itu sudah punya istri dan anaknya dua, harusnya dalam konsep berkendara yangsafety, anak dan istrinya itu naik kendaraan umum,” jelasnya.

Jusri memahami bahwa kebiasaan ini terjadi karena faktor ekonomi. Pasalnya, dengan tiga orang naik kendaraan umum, maka uang yang dikeluarkan akan lebih banyak dibandingkan menggunakan satu sepeda motor.

“Oke benar biayanya tinggi untuk istri dan anak naik kendaraan umum, jadi mereka naik motor mau cari nilai ekonomis. Tapi bagaimanapun kalau terjadi kecelakaan nilai ekonomisnya akan keluar. Jadi sebaiknya daripada kecelakaan empat orang, mendingan satu orang saja, yakni si pengendara. Istri dan anak bakal lebih aman naik bus atau kereta. Tinggal pilih mana, life is a choice. jadi lakukan semacam itu,” tutupnya.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.