Buat Sayembara Berhadiah, Tangkap Maling Dapat Duit

Rancabungur – bogoronline.com – Entah kesal atau ada alasan lain warga Desa Candali, Kecamatan Rancabungur, menggelar sayembara tangkap maling.Pengumunan sayembara ini dituangkan dalam spanduk ukuran besar yang dipasang di tiga titik jalan desa.

Sayembara unik, karena mungkin baru kali ini digelar di Kabupaten Bogor ini berhadiah uang cukup besar. Warga atau siapa pun yang berhasil menangkap maling pada malam hari diganjar dengan uang tunai sebesar Rp 1 juta, sedangkan jika siang hari diberi Rp 500 ribu.

“Sayembara membangkitkan semangat warga desa, untuk kembali melaksanakan kegiatan ronda atau Siskamling,” tegas Kepala Desa Candali, M. Yusuf, Minggu (12/06).

Wilayah Desa Candali, yang sebagian besar merupakan kawasan perkebunan kepala sawit, selama ini memang sangat rawan aksi kejahatan, sebab dengan kondisi alam yang berupa kebun, para pelaku kejahatan dengan mudah melarikan diri.

“Karena kondisi wilayah kami seperti itu, saya selaku kepala desa telah mengeluarkan instruksi kepada para ketua RT dan RW untuk mengajak warganya selalu siaga atau waspada, apalagi di bulan Ramadhan, di mana biasanya aksi kejahatan selalu meningkat,” ungkapnya.

Kepala Kepolisian Sektor Rancabungur, Inspektur Polisi Satu (IPTU) Gatot Sarwoko mengaku sudah  mengetahui adanya spanduk sayembara tangkap maling.

“Spanduk itu dibuat atas inisiatif Pak Kades, tujuan dan  motifnya, untuk menggairahkan kembali semangat warga untuk sama-sama menjaga keamanan lingkungan dari aksi-aksi kejahatan melalui Siskamling,” terangnya.

Meski tak mempersoalkanya adanya spanduk sayembara tangkap maling itu, IPTU Gatot meminta, warga yang berhasil menangkap maling atau pencuri, tidak main hakim sendiri, tapi menyerahkannya kepada aparat kepolisian.

“Niat warga untuk menangkap pelaku kejahatan kita apresiasi, tapi jangan dihakimi di jalanan, karena perbuatan itu sama masuk katagori melawan hukum, maling yang tertangkap harus diserahkan kepolisi untuk proses hukum lebih lanjut,” tegasnya.

IPTU Gatot mengungkapkan, selama ini kondisi Kamtibmas di Kecamatan Rancabungur, termasuk Desa Candali dalam katagori aman. Namun demiakian, memasuki Ramadhan hingga jelang Idul Fitri, warga harus meningkatkan kewaspadaan.

“Pak Kapolres dalam sambutannya di Masjid Baitul Faidzin, usai sholat Jum’at menekankan pentingnya meningkatkan kewaspadaan, dan perintah itu langsung kita tindaklanjuti dengan memperbanyak petugas patrol,” pungkasnya.  (Iwan/zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.