Didominasi Gepeng dan Anjal Jumlah PMKS di Bogor Tiap Tahun Meningkat

Cibinong – bogoronline.com – Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kabupaten Bogor tiap tahun selalu meningkat. Apalagi, ketika menjelang Idul Fitri, para PMKS yang mencari rezeki dengan cara mengemis dan lain-lainya dengan mudah dijumpai di setiap perempatan jalan atau lampu merah.

“Kami tak memungkiri dengan jumlah penduduk mencapai 5,4 juta, PMKS di Bumi Tegar Beriman setiap tahunnya angkanya tak pernah turun, tapi cendrung naik,” kata Bupati Nurhayanti, kepada wartawan Selasa (21/06).

Nurhayanti mengungkapkan, mayoritas dari PMKS itu bukanlah warga Kabupaten Bogor,tapi dari luar mereka datang ke Bumi Tegar Beriman.“Alhamdulillah, sekarang kita sudah memiliki  peraturan daerah (Perda) yang mengatur soal PMKS, sehingga penanganannya lebih serius lagi, khususnya bagi PMKS warga Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Menurut Nurhayanti, PMKS yang berasal dari Kabupaten Bogor, nantinya akan dibina untuk digali potensinya, agar mereka bisa hidup mandiri dan tak kembali mengais rezeki di jalan dengan cara mengemis. “Kita akan bentuk tim penanganan yang khusus menggali potensi para PMKS,” tegasnya.

Mantan Ketua Panitia Khusus Perda Kesejahteraan Sosial  Habib Agil Alatas, perda ini menjadi payung hukum bagi Pemerintah Kabupaten Bogor dalam menangani PMKS. “Nantinya ada ada lembaga atau unit khusus diluar Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi,” kata politisi PPP itu.

Perda ini kata Agil, tak melulu mengatur masalah penanganan gelandangan, pengemis dan anak-anak jalanan, tapi warga miskin yang tinggal di Bumi Tegar Beriman. “Jujur saja, selama ini kita kesulitan membuat program penanganan kemiskinan, karena keterbatasan data, sebab selama ini yang memiliki data tersebut Biro Pusat Statistik (BPS),” ungkapnya. (zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.