Hadapi Revitalisasi, Pasar Bogor Mulai Berbenah

Kota Bogor – bogoronline.com
Menjelang dilakukannya pembangunan revitalisasi Pasar Bogor, setelah selesainya dilakukan lelang revitalisasi oleh ULP beberapa waktu lalu dan dimenangkan oleh PT. Waskita, saat ini UPT Pasar Bogor PD Pasar Pakuan Jaya terus melakukan persiapan persiapan. Sejumlah kegiatan guna mendukung revitalisasi dilakukan UPT Pasar Bogor, diantaranya melakukan sosialisasi kepada para pedagang dan mendata kios-kios dan los yang ada di pasar Bogor.

Kepala UPT Pasar Bogor, Iwan Arifin mengatakan, pembangunan revitalisasi Pasar Bogor akan dilaksanakan tanpa ada Tempat Penampungan Sementara (TPS), dan sistem pembangunan akan dilakukan bertahap di tiga lantai.

“Kami menyiapkan beberapa skenario pemindahan relokasi yang akan dibahas dengan pemborong dan para pedagang. Pasar Bogor ini memiliki tiga lantai, jadi konsep pembangunan revitalisasinya akan dilakukan bertahap, karena tidak akan ada TPS,” Kata Iwan, Jum’at (10/6/16).

Pasar Bogor memiliki jumlah kios dengan los sebanyak 2246 unit, diantaranya, kios 2147 unit dann los 199 unit, tersebar di tiga lantai. Sosialisasi kepada seluruh pedagang sudah beberapa kali dilakukan, jadi tinggal pertemuan antara pedagang dengan pelaksana pembangunan revitalisasi. Untuk mendukung kegiatan revitalisasi, saat ini di pasar bogor ada aset milik Pemkot Bogor yang masih menyulitkan untuk akses kendaraan material proyek, karena adanya mesin incenerator yang sudah tidak terpakai, tetapi alat fisiknya masih ada di pasar Bogor.

“Kami berharap pihak bagian aset Pemkot Bogor bisa segera mengangkut alat yang sudah tidak terpakai itu, karena sangat menghambat dan mengganggu jalannya aktivitas kegiatan pembangunan revitalisasi,” harapnya.

Terpisah, Dirut PDPPJ, Andri Latif menjelaskan, setelah selesai dilakukan lelang di ULP, saat ini PDPPJ tinggal menunggu realisasi pelaksanaan revitalisasi pasar Bogor. Berdasarkan KAK nya, pembangunan revitalisasi Pasar Bogor dengan dana Rp12 milyar, akan dilaksanakan selama 250 hari kerja sesuai kalender. Kalaupun pekerjaannya melebihi tahun 2016 ini dan selesai pada tahun 2017, tidak menjadi masalah, karena dasarnya revitalisasi itu menggunakan dana PMP yang sudah di pos kan di PDPPJ.

“Pekerjaannya akan berlangsung selama 250 hari, dan kita akan meminta agar kegiatanya sesuai dengan KAK. Setelah melakukan konsultasi ke sejumlah pihak, ternyata tidak masalah pekerjaan melewati tahun ini, karena anggaranya sudah di simpan di PDPPJ dari dana PMP Pemkot Bogor. Jadi sekarang kita tinggal nunggu realisasinya saja,” tandasnya.(bunai)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.