LBH Buka Ruang Warga Ngajukan Gugatan Jalan Rusak

Cibinong – bogoronline.com – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bogor membuka ruang kepada seluruh warga Bumi Tegar Beriman, yang merasa dirugikan, akibat jalan rusak bersama-sama menggugat Pemerintah Kabupaten Bogor ke Pengadilan Negeri Cibinong.

“Gugatan yang kita daftarkan ke Pengadilan Negeri Cibinong untuk saat ini kebetulan mewakili warga Kecamatan Bojonggede. Namun, kami memberikan ruang kepada warga lainya, termasuk mereka yang menjadi korban kecelakaan, gara-gara jalan rusak,” kata Direktur Eksekutif LBH Bogor Zentono, Kamis (09/06).

Zentoni menegaskan, gugatan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor ini sebagai pembelajaran, agar mereka khususnya para petinggi tidak lagi mengabaikan hak-hak rakyat. “Jalan yang layak dilintasi itu merupakan hak yang harus diterima warga Kabupaten Bogor, karena mereka inilah sebagai pemilik anggaran yang pengelolaannya diserahkan kepada pemerintah daerah,” ujarnya.

Zentoni mengatakan, dalam materi gugatan, Dinas Bina Marga dan Pengairan menjadi tergugat II setelah Bupati. “Kalau tak ada halangan, Insya Allah pada pekan ketiga sidang perdana soal jalan rusak ini digelar,” jelasnya.

Dilain pihak, DPRD menilai kerusakan jalan di Kecamatan Bojonggede ini disebabkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta Dinas Bina Marga dan Pengairan tidak memasukan Jalan Raya Bojonggede – Citayam kedalam daftar program proyek perbaikan.

“Gugatan dari warga Bojonggede itu tak akan ada, andai saja pada saat penyusunan RAPBD baik Bappeda maupun Dinas Bina Marga dan Pengairan memasukan jalan yang menghubungkan Kabupaten Bogor dengan Kota Depok itu dalam program perbaikan,” kata Anggota Komisi III Ade Senjaya.

Kendati pun tak masuk dalam program perbaikan, menurut politisi Partai Demokrat ini, Bina Marga dan Pengairan seharusnya sigap dan bergerak cepat melakukan penambalan. “Tiap tahun, DPRD mengalokasikan anggaran cukup besar untuk pemeliharaan dan perawatan jalan. Jadi kasus di Bojonggede, imbas dari kelalaian Dinas Bina Marga dan Pengairan,” pungkasnya. (Zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.