Listrik Sudah Masuk, Jalan Menuju Kampung Cioray Sulit Dilalui

Klapanunggal – Meski Kabupaten Bogor memiliki Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) cukup besar, bahkan informasinya masuk tiga besar di Provinsi Jawa Barat. Namun ironisnya, sampai detik ini masih banyak kampung yang terisolir, lantaran akses jalan menuju kampung sulit dilalui, salah satunya terjadi di Kampung Cioray, Desa Leuwikaret, Kecamatan Klapanunggal.

“Ada dua masalah yang membelit warga Kampung Cioray, yang pertama soal listrik, tapi masalah ini sudah diselesaikan tahun lalu, kedua adalah jalan yang sulit dilalui kendaraan, akibatnya kampung ini menjadi terisolir,” kata Camat Klapanunggal, Ade Mulyana, Minggu (26/06).

Mantan Camat Cileungsi ini mengatakan, masalah yang terjadi di Kampung Cioray itu menjadi pekerjaan yang harus diselesaikannya. “Kami akan berupaya untuk membangun jalan menuju Kampung Cioray diupayakan tidak semuanya mengandalkan kucuran dana APBD,” ujarnya.

Hal ini menurut Ade, karena anggaran yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Bogor terbatas. “Makanya akan dicari alternatif pembiayaan lain, misalnya minta bantuan perusahaan agar mereka mengucurkan dana tanggung jawab sosialnya,” ujarnya.

Dilain pihak, Direktur Eksekutif PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Kuky Permana ditemui usai buka puasa bareng warga dari 12 desa binaan mengatakan, untuk membuka keterisoliran warga Kampung Cioray, tentunya tak semua tangggung jawab dibebankan kepada perusahaan.

“Kita tahu kan kondisi ekonomi sekarang ini kurang menggembirakan, dana CSR yang kita alokasikan tiap tahunnya, tak mungkin semuanya diarahkan untuk membangun jalan di Kampung Cioray, untuk itu sini, kami minta Pemerintah Kabupaten Bogor bersama-sama perusahaan yang ada di Klapanunggal gotong royong menyelesaikan masalah di Cioray,” katanya.

Kuky lebih lanjut mengatakan, Indocement siap membantu dengan mengirimkan sumber daya manusia (SDM) bidang sipil, untuk merancang dan melakukan bimbingan teknis kepada Pemerintah Desa Leuwikaret, bila mana ingin membangun jalan menuju Kampung Cioray dengan menggunakan dana desa.

“Kita memiliki SDM handal dibidang sipil, mereka siap diterjunkan membantu warga dan pemerintah desa, yang akan membangun proyek infrastruktur,” pungkasnya.

Kampung Cioray merupakan satu dari sekian kampung di Bumi Tegar Beriman, di mana warganya masih sulit beraktivitas. “Kedepan, struktur APBD kita harus difokuskan untuk membangun kampung-kampung yang masih terbelakang, karena kampung yang maju dan rakyatnya sejahtera menjadi salah satu dari 25 penciri Bogor dikatakan kabupaten termaju di Indonesia,” kata Ade Senjaya, anggota DPRD dari daerah pemilihan I meliputi Kecamatan Klapanunggal. (zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.