Ngabuburit Khas Orang Indonesia

bogorOnline.com
Dilansir dari salah satu media online nasional Ngabuburit atau kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu sambil menunggu beduk buka puasa berkumandang. Pada bulan Ramadan, kegiatan Ngabuburit
terasa lebih seru bila dilakukan bersama-sama keluarga atau kerabat. Biasanya, berbagai kegiatan yang dilakukan dipilih untuk melupakan rasa lapar dan haus.

Kegiatan Ngabuburit
zaman sekarang, banyak yang lebih memilih saling bersilaturahmi, sambil menunggu waktu buka puasa.

Apa saja kebiasaan yang dilakukan orang Indonesia selama ngabuburit, Berikut beberapa kegiatannya.

1. Berburu takjil

Tak hanya sekedar memenuhi kebutuhan berbuka, pasalnya, banyak jajanan dan makanan yang hanya dijual di bulan puasa. Menu seperti biji salak, kolak dan timun suri akan sangat jarang ditemukan selain di bulan ini.

Selain itu, banyak juga komunitas yang melakukan kegiatan ngabuburitdengan berbagi takjil gratis. Anda juga dapat melakukan kegiatan ini bersama teman-teman.

2. Nongkrong

Muda-mudi zaman sekarang lebih senang menghabiskan waktungabuburit di jalan sembari nongkrong. Area yang mereka pilih biasanya di sekitar taman atau alun-alun kota. Menjelang waktu buka puasa, biasanya banyak kendaraan yang berhenti di pinggir jalan, dan pemiliknya mencari tempat untuk bersantai sambil menunggu.

3. Mendengarkan Sandiwara Radio

Beberapa stasiun radio swasta biasanya memiliki program sandiwara Ramadan yang mengisahkan beragam kisah remaja. Alur cerita yang dibuat bersambung membuat para pendengarnya penasaran dan ketagihan setiap sore. Biasanya drama radio disiarkan 30 menit sebelum jam berbuka puasa.

4. Mengadakan acara buka bersama

Ketika masuk bulan Ramadan, biasanya jadwal akan dipenuhi dengan janji buka puasa bersama. Bisa dengan keluarga, teman-teman, bahkan sambil mengadakan reuni sekolah. Acara ini diadakan dengan tujuan mempererat tali silaturrahim. Beberapa masjid juga rutin mengadakan acara buka bersama dengan yayasan yatim piatu atau pesantren.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.