Puluhan Ribu Warga Korut, Kampanye Ganyang Amerika

bogorOnline.com
Disadur dari salah satu media online nasional, Puluhan ribu warga Korea Utara (Korut) berkumpul untuk melakukan kampanye anti Amerika Serikat (AS) di Pusat Kota Pyongyang. Kampanye itu dalam rangka merayakan perjuangan Korut melawan imperialisme AS terhadap Korut.

Kampanye ini diikuti oleh puluhan ribu pria dan wanita dari berbagai golongan. Para peserta terlihat membawa slogan propaganda ganyang AS menuju Kim Il Square di Pusat Kota Korut bertulis “Jika imperialis AS menyerang kami, maka kami akan musnahkan mereka,” dan “Biarkan kami membela komite sentral partai yang dimpimpin oleh Kim Jong-un dengan seluruh hidup kami”.

Kampanye seperti ini memang sudah merupakan acara tahunan yang diadakan pada tanggal 25 Juni sejak 1950. Bulan Juni bagi Korut merupakan bulan perjuangan melawan imperialisme AS. Sementara itu, AS hanya menganggap perang itu sebagai “Forgotten War”. Informasi itu sebagaimana diberitakan Minggu (26/6/16).

Perang Korea pada 1950-1953 dimulai dengan serangan masif oleh Korut di seluruh semananjung Korea. Perang inilah yang menyebabkan Korea terbelah menjadi dua negara besar yaitu Korut sebagai negara komunis dan Korea Selatan (Korsel) sebagai negara kapitalis.

Setelah aksi salng serangan antara Korut dan Korsel, perang ini akhirnya berkembang menjadi perang internasional dan diikuti oleh sejumlah negara penguasa dunia. AS dan para sekutunya memihak kepada Korsel, sedangkan China berada di pihak Korut.

Korban tewas dan luka-luka akibat perang ini mencapai satu juta orang. Sedangkan, korban dari pihak Korut sendiri diperkirakan mencapai 1.5 juta orang. Kendati demikian, menurut Korut, perang di semananjug Korea itu dimulai oleh militer AS.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.