Rumah Sakit M Hassan Toto Kebakaran

KEMANG – “Kebakaraaaaannnn,” teriak seorang TNI Wanita Angkatan Udara memecahkan suasana hening di salah satu ruang rawat inap Rumah Sakit M Hassan Toto, pagi kemarin.

Puluhan pendamping keluarga  berhamburan keluar ruangan, demi menyelamatkan pasien yang sedang dirawat.

Pemadam kebarakan belum juga tiba tiba di lokasi. Para petugas rumah sakit mencari sejumlah titik api dan bergegas menyelamatkan pasien sambil didampingi petugas lain yang membawa APAR (Alat Pemadam Api Ringan, red).

Dengan sigap, petugas Rumah Sakit M Hassan Toto berhasil melakukan penyelamatan sebelum petugas pemadam tiba. Para pasien yang pingsan langsung mendapatkan bantuan dasar hidup. Beruntung, dalam peristiwa itu tidak menimbulkan korban.

Dari informasi yang dihimpun, upaya penyelamatan pasien merupakan bagian dari Latihan Simulasi Evakuasi Pasien dan Bantuan Hidup Dasar.

Yang diadakan pihak RSAU dr.Hassan Toto, di Kelurahan Atang Senjaja, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Kepala Rumah Sakit M Hassan Toto, Letkol Kes dr. Mukti A Berlian menuturkan, kegiatan tersebut merupakan keamanan yang dilaksakan guna keselamatan pasien rawat inap.

Selain itu penjelasan terkait penggunaan tabung gas, juga menjadi materi dalam pembahasan tersebut.

“Kegiatan yang sekarang ini adalah latihan simulasi yang paling dasar kita lalukan.  Ini sangat berarti dan rutin kita lakukan. Adannya latihan ini diharapkan semua dapat  bisa terealisasi,” paparnya.

Dia mengatakan, kedepan akan diterapkan piket siaga bencana. Jadwal disesuaikan dengan jadwal harian. Seluruh pegawai setiap harinya dijadwal dan ditetapkan regu darurat siaga dibagi beberapa shif.

“Yang bekerja di rumah sakit harus bisa melakukan pertolangan. Tidak peduli itu pegawai parkir ataupun cleaning servis dan bagian dapur. Semua akan dilibatkan mengkuti pelatihan evakuasi dan pertolongan dasar,” imbuhnya.

Sebelum pelatihan dimulai, hasil pantauan Metropolitan,  sebanyak 250 pegawai rumah sakit telah mengikuti pembekalan materi.

Di antarannya penjinakan api melalui beberapa cara menggunakan beberapa alat kebakaran oleh satuan pemadam Lanud ATS.

Selain itu, juga disampaikan materi bantuan dasar hidup oleh para dokter di rumah sakit tersebut. (san/die)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.