Sekda Lantik Jurnalis, Pramuka Kota Bogor

Kota Bogor – bogoronline.com

Sebanyak 26 pengurus Sawala Scout Jurnalist Kwarcab Kota Bogor Masa Bakti 2016/2018 telah secara resmi dilantik Selasa (21/6/2016) di Wisma Endie Jalan Ahmad Yani. Keanggotaan Sawala Scout Jurnalist sebagian besar atau 19 orangnya merupakan para wartawan di Kota Bogor baik dari media cetak, online ataupun elektronik. Bukan tanpa alasan, kegiatan pramuka yang begitu padat menjadi salah satu latar belakang dibentuknya Sawala Scout Jurnalist pertama di Indonesia ini.

“Banyak kegiatan pramuka baik dari tingkat sekolah hingga kwaran namun tidak banyak terekpose media dan tidak diketahui masyarakat,” ujar Ketua Kwarcab Kota Bogor Ade Sarip Hidayat.

Atas dasar itu, lanjut Ade, Kawa Kominfo di Kwarcab pun memberikan ide dari berbagai kegiatan pramuka akan lebih efektif jika ada bagian jurnalistiknya yang bertugas mengekpose kegiatan. Namun, didalam Pramuka tidak bisa asal membentuk diperlukan narasumber dan pembimbing. Hal tersebut karena anggota Pramuka yang sekian banyak tidak bisa asal disuruh menulis, karena menulis tidak dibentuk begitu saja. Maka, dipilih para ahli (wartawan-red) yang dikemas dalam wadah Sawala Scout Jurnalist.

“Program Sawala Scout Jurnalist bisa sinergi dan dianggarkan di Kominfo. Kegiatannya juga dapat diikuti di kwaran dan di ranting bahkan dilombakan untuk membentuk jiwa jurnalis pada generasi muda,” jelas Ade yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor

Ade menambahkan, kepengurusan Sawala akan berjalan selama dua tahun yang nantinya akan dievaluasi. Dan jika ada penambahan anggota baru tidak masalah. Meski begitu, perlu diingat siapapun yang mengurus Sawala Scout Jurnalist harus paham dan menjiwai nilai kepramukaan yang nantinya bisa diwariskan kepada masyarakat.

“Kepramukaan sudah ada Undang-undangnya sehingga jadi mubazir jika kegiatan tidak terpublikasi. Selain itu, Sawala tidak hanya menjadi kebanggaan Kota Bogor tetapi juga Jawa Barat,” imbuh Ade.

Ketua Sawala Scout Jurnalist Kwarcab Kota Bogor Sadam Zaenudin mengatakan, ia dan anggota mengucapkan terimakasih karena telah diberi kepercayaan bagi insan media untuk menjadi bagian struktur kepengurusan Kwarcab Kota Bogor. Ditengah perkembangan teknologi yang pesat dan tidak bisa dibendung, teknologi harus dipergunakan secara bijak. Salah satunya dengan membentuk anggota pramuka menjadi jurnalis yang menekankan pada kode etik jurnalis.

“Kedepan jurnalis baik cetak, online, elektronik dan fotografer dapat berbagi ilmu kejurnalistikan yang langsung diaplikasikan pada anggota pramuka,” jelas Sadam.

Sadam menuturkan, dalam waktu dekat Sawalan Scout Jurnalist akan menyusun program seperti pelatihan jurnalistik bagi anggota pramuka se-Kota Bogor. Tentunya, jurnalis di Kota Bogor akan dilibatkan menjadi narasumber. Perlu diketahui ada empat fungsi media yakni menginformasikan, mengedukasi, menghibur dan kontrol sosial.

“Dari fungsi itu, sebagai anggota pramuka pun dapat menyalurkan kritik saran pembangunan di Kota Bogor agar menjadi lebih baik,” pungkasnya.(bunai)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.