Tiga Roda Bangun Pabrik Baru di Pati

Citeureup – bogoronline.com – PT. Indocement Tunggal Prakarsa yang memproduksi semen merek Tiga Roda, dalam waktu dekat ini akan membangun pabrik baru di daerah Pati, Provinsi Jawa Tengah.

Pabrik baru itu dioperasikan PT. Sahabat Mulia Sakti (SMS) anak perusahaan Indocement. “Ketika pabrik baru beroperasi atau berproduksi, persediaan air bersih untuk warga sekitar aman, karena perusahaan akan menambah tambahan air sebanyak 600 ribu meter kubik/tahun,” Direktur Utama SMS, Budiono Hendranata, dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (10/06).

Cadangan air sebanyak 600 ribu meter kubik itu kata Budiono diperoleh, berkat pembangunan infrastruktur DAM serta embung tadah hujan, yang difungsikan menampung air Sungai Juwana, saat musim hujan. “Daya tampung DAM dan embung diperkirakan mencapai 2,1 juta meter kubik/tahun,” terangnya.

Budiono menyatakan, dengan adanya DAM dan embung, wilayah sekitar tak akan terkena banjir. “Perlu diingat, kami juga tak akan menggunakan air bawah tanah, untuk keperluan produksi atau lain-lainnya, karena itu sudah menjadi komitmen perusahaan, guna menjaga kelestarian sumber daya air,” jelasnya.

Penambangan kata Budiono dilakukan berjenjang dengan sistem pengairan yang baik sehingga air hujan tidak mengalir langsung dan membanjiri lokasi penambangan maupun daerah yang ditinggali masyarakat sekitar.

Indocement menurut Budiono menjalankan usahanya sesuai dengan panduan Cement Sustainability Initiative (CSI) yang merupakan himpunan Industri semen kelas dunia bagian dari World Business Council for Sustainable Development (WBCSD).

“Kami sangat menjunjung tinggi penerapan prioritas keberlanjutan usaha dengan memerhatikan aspek lingkungan, menjawab permasalahan sosial dan ekonomi seperti pengelolaan sumber daya air, pemenuhan pangan, menjaga ekosistem, antisipasi perubahan iklim, sumber daya manusia, pola hidup yang sesuai prinsip keberlanjutan,” pungkasnya. (zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.