Antisipasi Bencana Tanah Longsor di Jalur Mudik, BPBD Siapkan Alat Berat

Cibinong – bogoronline.com – Tingginya curah hujan pada musim mudik Idul Fitri 1437 Hijriah, membuat sejumlah wilayah di Bumi Tegar Beriman, belum terbebas dari ancaman bencana tanah longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah menyiapkan sejumlah alat berat, yang setiap waktu diterjunkan kelokasi bencana.
“Ini instruksi langsung dari Ibu Bupati, selama arus mudik dan balik Idul Fitri, bahkan kami juga telah menyiapkan personil yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC),  untuk membantu menangani bencana baik mengevakuasi korban maupun membersihkan material longsor, bila menutupi badan jalan,” kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Bencana, BPBD, Makmur, kepada wartawan Jum’at (01/07).

Menurut Makmur, ada beberapa kecamatan yang masuk katagori daerah rawan longsor. “Kita sudah menghimbau, kepada pemudik dan warga yang tinggal di daerah rawan bencana untuk berhati-hati, bahkan kita sudah melayangkan surat kepada para kepala desa untuk meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya.

Selain bencana longsor, BPBD kata Makmur, mengkhawatirkan terjadinya bencana kebakaran. Makanya truk pemadam yang ada baik di markas BPBD maupun di wilayah 100 persen dalam kondisi siap. “Saat mudik, kan banyak rumah maupun tempat usaha dalam kondisi kosong, kami menghimbua warga yang akan mudik untuk mematikan alat-alat elektroniknya,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi, Kepolisian Resort Bogor Komisaris Polisi Mujianto mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 60 personil gabungan.”Personel gabungan tersebut kita siapkan di pos-pos rawan bencana. Di tiap posnya kita tempatkan 15 anggota,” katanya. (zah)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *