by

Baru Empat Izin Dilayani Online

Cibinong – bogoronline.com – Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) dalam beberapa tahun kedepan, tak lagi melayani permohonan izin secara manual, tapi akan menggunakan jaringan internet atau online.

Cara ini, selain memudahkan pemohon, di mana mereka tak perlu datang ke kantor BPMPTSP, sekaligus mempersempit ruang gerak para calo. “Tahun ini, baru empat izin yang dilayani secara online, diantaranya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Tanda Daftar Gudang (TDG) dan Tanda Daftar Industri (TDI),” kata Kepala BPMPTSP Yani Hasan, Rabu (20/07).

Sistem perizinan online ini kata Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan serta Tata Bangunan dan Pemukiman ini, bagian dari upaya BPMPTSP meningkatkan mutu atau kualitas layanan kepada para pelaku usaha. “Pebisnis atau pelaku usaha itu kan membutuhkan waktu yang cepat. Makanya, kita imbangi dengan membuka layanan izin online,” jelasnya.

Apalagi saat ini, untuk mempercepat  dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, kata Yani, pemerintah pusat banyak memangkas peraturan yang dianggap memperlambat masuknya investasi ke daerah.

Kedepan kata Yani, BPMPTSP sedang merancang sejumlah perizinan lainnya untuk dilayani secara online. “Butuh waktu dan anggaran, tapi kita menargetkan setiap tahunnya layanan izin online bertambah,” ujarnya.

Yani menambahkan, penerapan pelayanan izin online diharapkan menjadi proyek percontohan, karena berdasarkan penelusuran daerah yang membuka layanan izin online masih minim.  Selain itu, kata Yani, untuk meningkatkan kualitas layanan, BPMPTSP membuka layanan pengaduan. “Pemohon yang tak puas dengan layanan petugas kami bisa langsung mengadu dan aduan itu akan kita tindaklanjuti,” katanya. (zah)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed