by

Pedagang Ngaku Bayar Iuran PKL Bilabong Bikin Kades Azis Kesal

Bojong Gede – Walau keberadaan PKL yang berjualan areal sekitar Perumahan Bilabong telah banyak membantu warga khususnya mereka yang ekonominya pas-pasan, mendapatkan kebutuhan yang diinginkannya termasuk pada saat menjelang Idul Fitri, namun dimata Pemerintah Desa Cimanggis, sebagai penguasa wilayah keberadaan PKL yang berjualan setiap hari Minggu itu dianggap membuat kumuh.

“PKL yang tiap hari Minggu berjualan itu kurang pas digelar di areal perumahan, karena menjadikan lokasi perumahan itu kumuh dan dipenuhi sampah,” kata Kepala Desa Cimangis, Kecamatan Bojong Gede Azis Anwar, Minggu (17/08).

Azis menyesalkan, sikap pengelola perumahan yang terkesan sengaja membiarkan menjamurnya PKL. “Desa tak pernah tahu siapa yang telah memberikan izin areal jalan dipakai untuk berjualan, karena hingga kini desa tak pernah mengeluarkan rekomendasi apapun,” ungkapnya.

Azis mengaku tak tahu menahu soal adanya pungutan kepada para PKL.“Desa tak pernah menerima uang hasil pengutan dari PKL, kalau ada orang yang mengatasnamakan pemerintah desa untuk melegalkan pungutan akan saya usut, karena tindakan itu sudah mencemarkan nama baik pemerintah desa,” tegasnya.

Sementara itu, sejumlah pedagang mengaku mereka bisa berjualan di lokasi Perumahan Bilabong tidak gratis, karena setiap kali berjualan dipungut uang Rp 5.000 dengan dalih untuk keamanan dan kebersihan.

“Uang iuran dari pedagang ini dikutif dan diserahkan kepengelola perumahan katanya sih untuk membayar jasa keamanan dan kebersihan,” jelas seorang pedagang yang enggan disebutkan identitasnya itu.

PKL yang berjualan di areal Perumahan Bilabong ini, sebelumnya merupakan PKL di Jalan Tegar Beriman, namun karena jalan yang menjadi etalase Ibukota Kabupaten Bogor itu dijadikan areal terlarang untuk berjualan, mereka pun akhirnya pindah ke Bilabong.

“Kebanyakan PKL yang berjualan di sini, dulunya berdagang di Jalan Tegar Beriman, sebelum dilarang Satuan Polisi Pamong Praja,” tandas seorang pedagang pakaian. (Iwan/zah)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed