by

Tujuh Bulan 45 Ribu Akta Lahir Diterbitkan

Cibinong – bogoronline.com – Permohonan pembuatan akta kelahiran di Kabupaten Bogor tiap tahunnya terus meningkat. Bahkan hingga Juli ini, jumlah akta yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menembus angka 45 ribu lembar.

“Setiap hari, petugas kami menerima sedikitanya 300 berkas permohonan pembuatan akta kelahiran,” kata Kepala Seksi Administrasi Kelahiran dan Kematian, Disdukcapil Suparno, Selasa (19/07).

Meningkatkanya jumlah pemohon akta ini, kata Suparno, karena dokumen kependudukan ini tak bisa dicetak atau diterbitkan kecamatan. “Berdasarkan aturan, hanya Disdukcapil yang berhak mengurus dan menerbitkan akta kelahiran,” tegasnya.

Kecuali kata Suparno, Disdukcapil memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT). “Rencananya kami akan membentuk UPT disetiap kecamatan, tapi masalahnya pembentukan itu masih dalam pengkajian, ada beberapa aspek yang dipertimbangkan, satu diantaranya ketersediaan anggaran,” ujarnya.

Sedangkan untuk proses pembuatan akta, kata Suparno, berdasarkan undang-undang paling lama 30 hari kerja, tetapi  di Kabupaten Bogor dipangkas menjadi 10 hari kerja. Nah, khusus pemohon yang berasal dari kecamatan yang jauh dari Cibinong, proses penyelesaiannya bisa satu hari. “Kami juga mengadakan program jemput bola, biasanya dilaksanakan hari Kamis dan Rabu berbarengan Bupati Bogor melakukan rebo keliling,” paparnya.

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Bo­gor, Euis Sugiarti mengimbau warga tidak menggunakan jasa calo. “Diharapkan untuk langsung mengurus ke dinas, meski ada juga pelayanan jemput bola, kalau di dinas, sekaligus biasanya sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada warga karena mengurus sendiri juga mudah,” jelasnya.

Jika warga merasa jauh, kata Euis, bisa menitipkan pada salah satu warga yang dituakan untuk mengkoordinir kepengurusan administrasi. “Asalkan yang mengkoordinir tidak memungut biaya yang memberatkan, jika ada keterlambatan akta, denda yang dibayar Rp 50 ribu, tidak lebih,” tegasnya. (Zah)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed