Bom Yaman Sasar Rumah Sakit

YAMAN– Sejumlah orang dilaporkan tewas dalam serangan udara yang dilancarkan oleh koalisi Arab Saudi di rumah sakit milik Medecins Sans Frontieres (MSF) di bagian utara Yaman.

Lembaga sosial tersebut menyatakan serangan udara terjadi di Abs, Provinsi Hajjah, dan hingga kini kepastian jumlah korban masih belum diketahui.

Namun, warga dan petugas kesehatan setempat mengatakan setidaknya enam orang tewas dan 13 lainnya mengalami luka-luka.
Tidak ada pernyataan langsung dari koalisi yang sudah berperang melawan pergerakan pemberontak Houthi sejak Maret 2015.

Warga setempat mengatakan serangan udara terjadi berhari-hari di daerah itu, sebelum rumah sakit milik MSF terkena ledakan.

Konflik di Yaman mengakibatkan lebih dari 6.400 orang tewas, setengah dari jumlah itu warga sipil, dan menyebabkan 2,5 juta orang terlantar, berdasarkan laporan PBB.

Pihak rumah sakit MSF menulis di Twitter, rumah sakit mereka di Abs ‘menjadi sasaran serangan udara’ pada pukul 15:45 waktu setempat pada Senin 15 Agustus.

MSF mengatakan lebih dari 4.600 pasien dirawat di rumah sakit itu sejak lembaga tersebut memberi pertolongan pada Juli 2015.

Serangan di Abs terjadi kurang dari 48 jam setelah MSF mengatakan adanya serangan udara koalisi di sekolah mengaji di distrik Haydan, yang menewaskan 10 anak.

Namun Koalisi membantah menjadikan sekolah di Haydan sebagai sasaran dan beralasan mereka menyasar sebuah perkemahan tempat pemberontak Houthi melatih tentara anak-anak. (BBC)