FBI Selidiki Hacker Rusia Terhadap New York Times

bogorOnline.com
Disadur dari salah satu media online nasional, Biro penyelidik Amerika Serikat (AS), FBI, tengah menyelidiki serangan cyber yang menargetkan wartawan New York Times. FBI juga mencari tahu apakah badan intelijen Rusia bertanggung jawab atas tindakan tersebut.

“Serangan cyber telah menargetkan para wartawan, tetapi penyidik tidak percaya seluruh jaringan surat kabar itu diretas,” kata seorang pejabat AS menjelaskan terkait penyelidikan dalam kondisi anonimitas.

Kabar penyelidikian oleh FBI ini pertama kali dilaporkan oleh kantor berita CNN. Tidak diketahui berapa banyak wartawan yang menjadi korban serangan cyber atau berapa banyak akun email yang menjadi target serangan seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (24/8/16).

Terkait hal ini, juru bicara New York Times Eileen Murphy tidak mengkonfirmasi secara langsung penyelidikan yang dilakukan oleh FBI. “Seperti perusahaan media kebanyakan, kami sangat waspada terhadap serangan dari luar,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Ada berbagai pendekatan yang kita ambil, hingga dan termasuk bekerja dengan penyelidik dari luar dan penegak hukum. Kami tidak akan mengomentari setiap upaya khusus untuk mendapatkan akses yang tidak sah ke Times,” imbuhnya.

Berita ini muncul ditengah penyelidikan yang dilakukan otoritas federal terhadap serangan yang sama terhadap Komite Nasional Partai Demokrat. Sejumlah ahli keamanan telah mengaitkan serangan itu dengan badan-badan intelijen Rusia. Serangan itu menyebabkan bocornya sejumlah email internal yang memalukan.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.