Kang Anton Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Citeureup

CITEUREUP- Sungguh beruntung warga Desa Pasir Mukti, Kecamatan Citeureup bisa mendapatkan kembali pemahaman akan pentingnya arti dan makna Empat Pilar Kebangsaan. Jumat (2/8) siang, seratusan warga berkumpul di Balai Desa Pasir Mukti untuk dibekali pemahaman dari Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Demokrat, Anton Sukartono Suratto.

“Desa Pasir Mukti merupakan yang pertama di Citeureup untuk sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini dan kami akan keliling lagi untuk terus mensosialisasikannya,” kata Anton.

Dulu, kata Anton, di sekolah diajari soal PMP dan sebagainya. Maka, ini untuk mengingatkan tentang dasar negara. “Tak bisa dipungkiri budaya liberal mulai deras di Indonesia,” lanjutnya.

“Tapi, ini bagaimana agar anak cucu kita kelak masih memahami akan dasar negara ini. Jangan sampai hilang sama sekali orang yang tidak hapal Pancasila,” tegasnya.

Setiap masa reses, anggota Komisi V Fraksi Partai Demokrat ini kerap terjun langsung ke tengah masyarakat dalam mensosialisasikan Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Undang-undang Dasar 1945 sebagai landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dihadiri pula Mayjen TNI (Purn) Yahya Sacawiria, sosialisasi yang dicanangkan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini, menekankan perlunya menegakkan kembali kehidupan berdaulat berlandaskan empat pilar itu. “Pancasila bukan untuk dihapal. Pancasila adalah pandangan hidup yang ditanamkan dalam perilaku,” ujar pria yang menjabat Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor ini.

Wakil rakyat asal dapil Kabupaten Bogor ini menilai, pentingnya empat pilar tersebut diketahui oleh masyarakat. “Karena semakin kuat pengetahuan dan kesadaran diri masyarakat terhadap nilai-nilai tersebut, perlahan NKRI akan menjadi negara yang kuat dan menjadi bangsa yang besar,” tegasnya. (cex)