Cabup Bogor Perseorangan Harus Kumpulkan 215. 730 KTP

Cibinong, bogoronline.com –

Kendati tahapan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Bogor akan dimulai pada Agustus 2017 mendatang, namun Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sudah menyusun sejumlah program kerja, untuk menghadapi hajatan politik lima tahunan itu, salah satu program yang sedang disusun, terkait pendaftaran calon yang maju dari jalur independen atau perseorangan.

“Penyusunan rencana program Pemilukada Kabupaten Bogor 2018 mendatang telah kami lakukan sejak Agustus lalu.  Yang mungkin jadi pertanyaan, kenapa lebih awal karena pada tahun 2018 nanti, bukannya Kabupaten Bogor saja yang melaksanakan Pemilukada, tapi juga Jawa Barat, yang akan memilih gubernur dan wakil gubernurnya, ” kata Ketua KPUD Hariyanto Surbakti, kepada wartawan Jum’at (30/09).

Pada Agustus 2018 mendatang, kata Hariyanto, KPUD akan membuka pendaftaran bagi calon yang akan mengikuti pesta demokrasi dari jalur independen atau perseorangan. “Calon perseorangan jika ingin maju, kan syaratnya harus mengumpulkan KTP. Nah dari hitungan, kami jumlah KTP yang harus dikumpulkan mencapai 215.730 lembar,” ujarnya.

Angka 215. 713 lembar KTP itu kata Hariyanto, merupakan persentase dari jumlah pemilih tetap pada saat pelaksanan pemilihan presiden (Pilpres) 2014 lalu yang mencapai  3.318.924 pemilih.  “KTP yang dikumpulkan itu harus terseber di 21 dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, jika kurang maka si calon dinyatakan gugur,” tegasnya.

215.730 lembar KTP itu kata Hariyanto, merupakan syarat minimal yang harus dipenuhi. “Kalau misalnya calon lebih dari yang kami tetapkan itu lebih baik. Syarat itu hanya untuk mempermudah calon independen ikut berpartisipasi dalam Pemilukada,” ungkapnya.

Untuk membuktikan kebenaran dukungan itu, lanjut  Hariyanto, petugas akan mendatangi satu per satu pendukung dengan basis kelurahan. Petugas akan mengonfirmasi dukungan kepada bakal calon bupati dan wakil bupati. “Jika petugas gagal menemui pendukung di alamat sesuai KTP, maka KPU memberi batas waktu tiga hari bagi pendukung mengonfirmasi dukungan mereka,” ucapnya.

Hariyanto mengaku, saat ini hanya baru Ade Wardana yang menyatakan niatnya maju lewat jalur perseorangan. Sebab, dia sudah mengadakan pertemuan dengan seluruh anggota KPU untuk menanyakan mekanisme pendaftaran. “Mendekati pendaftaran di 2017 mendatang, pasti akan ada calon-calon lainnya yang akan bermunculan,” pungkasnyan. (zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.