Ini USB Yang Bisa Bunuh Komputer Anda, Hitungan Detik

bogorOnline.com
Dilansir dari salah satu media online nasional, sebuah perusahaan mandiri asal Hong Kong telah membuat USB disk sebagai alat untuk mematikan device konsumen mana pun. Meski terlihat biasa, namun perangkat ini sangat berbahaya karena dapat membunuh laptop atau PC hanya dalam hitungan detik.

Cara kerja USB Kill ini adalah dengan menyerap listrik, lalu menyerang perangkat inangnya dengan aliran listrik 240 volt hingga gosong. Semua proses tersebut dapat terjadi kurang dari 1 detik.

“Dalam tes kami, lebih dari 95 persen perangkat mati setelah serangan USB. Hampir semua perangkat hardware gagal dalam percobaan USB Kill. Hasil yang paling sering adalah kehancuran total dari perangkat (laptop, TV, telefon, dan lainnya). Hampir semua hardware tingkat konsumen gagal ketika diuji terhadap USB Kill,” demikian pernyataan dari perusahaan.

Rupanya, satu-satunya produk yang bertahan dari serangan USB ini dibuat oleh Apple. Dengan begitu, perangkat ini sangat rentan disalahgunakan. Namun perusahaan mau bertanggung jawab atas keputusan mereka menyediakan perangkat ini di pasaran.

Mereka berharap, perusahaan, pengguna, maupun pembangun hardware menyadari bahaya yang disebabkan oleh aliran listrik tingkat tinggi yang bahkan berasal dari perangkat kecil seperti USB disk ini. Perusahaan juga menawarkan penawar yang mampu melindungi perangkat dari serangan listrik USB Kill, yaitu USB Condom yang dapat menghalau serangan untuk mendapat akses ke saluran data meski masih bisa mengisi daya.

Sekadar informasi, hacker asal Rusia, Dark Purple, mengenalkan USB ini untuk menunjukkan pada dunia bahaya USBdrive tahun lalu. Namun kini, perusahaan terpisah asal Hong Kong menyediakannya untuk konsumen.(rul)