Begini Tujuh Hal Kendarai Motor Dan Mobil, Supaya Aman Saat Hujan

bogorOnline.com
Dilansir dari salah satu media online nasional, berkendara dimusim hujan seperti sekarang ini tentu dibutuhkan tingkat kewaspadaan yang tinggi. Pasalnya kondisi jalan yang basah cenderung licin dapat membahayakan diri sewaktu-waktu.

Berikut ini beberapa tujuh hal yang harus diperhatikan pengemudi sepeda motor saat berkendara dalam kondisi hujan:

1. Berkendara dengan tetap mengenakan alas kaki

Riding saat hujan tak sedikit dari bikermemilih menyeker karena takut sepatu atau sandalnya basah. Padahal, kondisi ini cukup berbahaya karena kaki bisa saja tak menapak dengan baik. Selain itu, risiko kaki terluka akibat terkena benda tajam di jalan tak bisa dihindari.

Saat hujan, usahakan menggunakan sepatu khusus yang tahan air atau setidaknya pakai sepatu biasa namun memiliki grip yang bagus di jalan basah.

2. Pastikan kondisi helm baik

Hal yang kerap menjadi masalah saat berkendara di cuaca hujan adalah kaca helm. Pasalnya jika ditutup maka jarak pandang bisa berkurang. Namun jika dibiarkan terbuka maka wajah akan terkena hujan. Oleh karena itu, periksa kaca helm dan pastikan tidak ada retak. Jika ada, segeralah ganti kaca dengan yang sesuai.

3. Periksa kondisi ban dan rem

Berkendara di kondisi basah berbeda dengan jalan kering. Untuk ban pastikan tidak gundul agar terhindar dari aqua planning atau selip ketika berkendara di jalan lurus atau menikung.

Kemudian pastikan kampas rem dan kondisi rem secara keseluruhan masih baik untuk menahan laju motor. Hindari juga pemakaian ban tipe slik ketika hujan karena tidak memiliki alur yang membuang air sehingga grip ban akan licin.

4. Periksa kembali komponen dan sistem kelistrikan

Pastikan komponen tersebut bekerja dan terlindung dari air dengan baik. Pasalnya, komponen kelistrikan seperti lampu, klakson, akan rusak bila terkena air. Selain itu, busi juga jangan sampai luput dari pemeriksaan.

5. Gaya berkendara

Disadari atau tidak, biker cenderung memacu kendaraannya lebih cepat saat akan turun hujan, padahal ini bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan karena konsentrasi terganggu.

Saat hujan pastikan mengendarai sepeda motor dengan aman, baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan lain, dengan memerhatikan kecepatan, tidak melakukan pengeraman mendadak, serta tetap menaati peraturan lalu lintas.

6. Pilih tempat berteduh yang aman

Hindari berteduh di kolong jalan layang karena bisa menimbulkan kemacetan. Hindari pula berteduh di bawah pohon rindang dan papan iklan karen berisiko roboh saat angin kencang atau rawan tersambar petir.

Sedangkan untuk pengendara mobil, berikut ini lima tips yang wajib diketahui.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.