Catat! Pemkab Bogor Janji Rehab 20 Ribu Rumah Reyot Tahun Depan

BogorOnline.com, CIBINONG- Pemerintah Kabupaten Bogor menambah alokasi anggaran untu rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di tahun 2017. Sebanyak 18 ribu RTLH ditarget dengan alokasi Rp 180 miliar bersumber dari APBD 2017.

Bupati Bogor, Nurhayanti menegaskan, peningkatan target dari 10 ribu di tahun 2016, untuk percepatan pengentasan RTLH di tahun 2018 mendatang.

“Kan masih ada dua tahun lagi. Bisa saja kalau dianggarkan 15 ribu di 2017 dan 2018. Toh, meski yang dicover APBD 2017 itu ada 18 ribu unit, tapi secara keseluruhan kita target 20 ribu,” kata Nurhayanti, kepada BogorOnline.com, Selasa (22/11).

Sisa dua ribu RTLH yang tidak tercover APBD, kami harapkan dari dana Corporate Social Responsibility (CSR). “Katanya, pemerintah pusat lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) mengalokasikan juga. Tapi jumlahnya belum pasti,” tukasnya.

Yanti pun tidak mengelak adanya potongan-potongan yang terjadi dalam penyaluran dan RTLH. Namun, menurutnya itu bersifat accidential. “Kalau ada seperti itu, laporkan saja,” tukasnya.

Pengentasan RTLH merupakan salah satu penciri Bogor menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia. Jumlah RTLH yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Janga Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018 sebanyak 85 ribu RTLH.

“Setiap tahunnya, tidak melulu dari APBD, tapi ada dari CSR, banuan TNI, Pemprov Jabar dan lainnya. Jadi kami optimis jika 201i nanti RTLH sudah tidak ada atau mengentaskan target yang tertuang dalam RPJMD,” pungkas Nurhayanti. (Cex)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.