Dua Tahun Lagi, RLS Masih Jauh dari Target

BogorOnline.com, CIBINONG- Masalah pengentasan rata-rata lama sekolah (rls) selalu jadi masalah yang sulit dipecahkan. Tak terkecuali Kabupaten Bogor, yang menurut Badan Pusat Statistik (BPS) baru menyentuh 8,04 tahun, jauh dari target 9 tahun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) 2013-2018.

Ada dua pendekatan yang dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor untuk menggenjot rataan lama sekolah ini. Pertama lewat pendekatan formal, yakni pendidikan reguler di sekolah. Maka, penyempurnaan ruang kelas pun (terutama sekolah dasar) terus dilakukan dalam setiap tahun anggaran.

“Sistem belajarnya bergiliran antara SD di pagi hari dan SMP siang harinya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, TB Luthfie Syam kepada BogorOnline.com, Senin (7/11).

“Untuk infrastrukturnya, karena kewenangan sekolah menengah sekarang ada di Pemprov Jabar, beban kami untuk membenahi ruang-ruang kelas SD jadi tidak terlalu berat. Tinggal memaksimalkan program saja,” tandas Luthfie.

Menurutnya, SDN di Bumi Tegar Beriman berjumlah 1.540 dan hanya terdapat 80 satuan pendidikan SMPN di 40 kecamatan. “Makanya, program non formal itu kami harapkan bisa mengefisienkan anggaran pendidikan, mulai infrastruktur, gaji guru, biaya operasional hingga biaya sekolah,” tukasnya.

Ada juga, kata dia, program kelas jauh. Mekanisme yang dijalankan, siswa yang terdaftar dan luluz di satu sekolah, tidak perlu belajar di sekolah sesungguhnya. “Tapi di tempat yang telah disediakan pemerintah,” jelas Luthfie.

“Supaya dekat dan murah untuk masyarakat. Kan kalau reguler, biayanya jadi tinggi. Harus menyiapkan tanah, SDM juga. Jadi dipilihnya kelas jauh ini,” tandas Luthfie.

Sementara sekolah non formal, dilakukan dengan program sekolah terbuka diperuntukkan masyarakat yang sudah melewati usia sekolah. Seperti karyawan dan pedagang. Kegiatan kejar paket pun diperbanyak.

SMPN 1 Ciomas jadi salah satu contoh sekolah formal yang terbuka untuk masyarakat bagi yang ingin melanjutkan sekolah ke SMP tanpa ikut ujian paket. (Cex)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.