Happy Birthday Hendrix!

BogorOnline.com– Anda kenal dengan Jimi Hendrix? Si pemain gitar legendaris yang punya ciri rambut kribo dan main gitarnya terbalik alias kidal. Ya, jika dia kini masih hidup, maka usianya sudah tak muda lagi. 72 tahun dan dirayakan tepat hari ini, 27 November 2016.

Lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat, 27 November 1942, dia lahir dengan nama Johny Allen Hendricks yang diberikan ibunya, Lucille seorang wanita Indian Cherokee. Tapi, nama itu tidak sempat dibawa hingga terkenal seantero jagad. Ayahnya, Alex Hendricks, pria berdarah Afro-Amerika Meksiko, mengubah nama nama Hendrix kecil menjadi James Marshall Hendricks pada usia 4 tahun.

Nama Jimi Hendrix hampir selalu menempati tangga teratas jajaran gitaris terbaik dunia. Secara teknik, dia tidak terlalu istimewa. Tapi, gaya bermain dan cara dia memperlakukan gitarnya itulah yang mempengaruhi dunia pergitaran, bahkan hingga kini, di zaman serba modern.

Sayangnya, ia tak bisa berkarya lebih lama di dunia ini. Kematian di usia sangat muda, 27 tahun sangat mengejutkan dunia. Ya, 18 September 1970, dia ditemukan tewas karena keracunan barbiturat dan menelan muntahannya sendiri yang berawal dari overdosis pil tidur di Kensington, London, Inggris.

Meskipun berakhir tragis pada usia 27 tahun, musik Hendrix terus mempengaruhi dan menginspirasi banyak musisi dan fans. Pada tahun 1992, dia dianugerahi Grammy Lifetime Achievement Award dari The National Academy of Recording Arts & Sciences.

The Jimi Hendrix Experience

Hendrix tampil dan merekam musiknya yang paling berpengaruh bersama dengan The Jimi Hendrix Experience. Band ini merilis empat album studio, Are You Experienced and Axis: Bold as Love pada tahun 1967, Electric Ladyland pada tahun 1968, dan The Cry of Love pada tahun 1971 setelah kematian Hendrix.

Keempat album ini berhasil masuk lima besar di tangga lagu Inggris dan Amerika Serikat, dengan Electric Ladyland menjadi nomor satu di AS.

Setelah mencapai ketenaran di Inggris, The Jimi Hendrix Experience memenangkan lebih banyak penggemar di Amerika melalui pertunjukan di Monterey International Pop Festival di Monterey, California, pada tahun 1967.

Hendrix pada saat itu menghancurkan dan membakar gitarnya di akhir sesi, peristiwa yang diabadikan dalam film dokumenter Monterey Pop. Band ini selanjutnya melakukan tur Eropa, tapi Redding meninggalkan kelompok ini pada bulan Juni 1969 dan digantikan oleh Cox. (Cex/Berbagai Sumber)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.