Jenderal Gatot: Lindungi Rakyatmu

bogorOnline.com

Diambil dari salah satu media online nasional, Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Tahap Kampanye dalam rangka Pilkada Serentak 2017 digelar di Lapangan Monas, Jakarta, Rabu (2/11). Ada sekitar 4.000-an peserta apel dari unsur TNI, Polri, dan Satpol PP.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan apabila ada demonstrasi pada masa pelaksanaan pilkada, tugas aparat, termasuk prajurit TNI, adalah mengamankan agar berjalan tertib dari awal sampai akhir agar pendemo bisa menyampaikan aspirasi.

“Tugasmu melindungi mereka semua. Apabila demo meningkat menjadi anarkistis, bahkan radikal, yang wajib dilindungi adalah rakyat Indonesia agar jangan sampai terkena dampak. Saya ulangi, di mana pun berada. Saya pastikan yang demo sebagian kecil (rakyat), yang enggak berdemo sebagian besar (rakyat). Khusus prajurit TNI jangan ragu lakukan itu, lindungi rakyatmu, jangan ragu karena kami adalah prajurit TNI,” tegas Gatot.

Menurutnya, pengamanan selama pilkada merupakan tugas mulia, karena aparat melaksanakan tugas untuk menjaga agar masyarakat yang berpesta demokrasi bisa berjalan aman tenteram dan damai untuk memilih pemimpin.

“Saya ingatkan TNI-Polri adalah satu dalam menjaga bangsa Indonesia,” kata Gatot.

Pada kesempatan itu, Gatot mengingatkan bahwa TNI memegang penuh sumpah prajurit dan Saptamarga dan membela ideologi negara dan Pancasila. Presiden sebagai panglima tertinggi TNI telah memerintahkan agar TNI sebagai perekat kemajemukan yang menjaga persatuan Indonesia.

“TNI hanya satu, yakni tentara nasional Indonesia yang berdiri di semua golongan. Harus jaga kebhinekatunggalikaan. TNI tidak akan memberikan toleransi gerakan yang ingin memecah belah bangsa dengan politisasi dan SARA. Presiden ingatkan bahwa TNI harus berpegang teguh pada jati diri,” lanjutnya.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.