Kecamatan Cibinong Larang Keras, Pegawainya Pungli

bogorOnline.com-Cibinong

Pihak Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor melarang keras Pegawainya melakukan Pungutan Liar alias Pungli kepada masyarakatnya.

Hal tersebut seperti penjelasan Camat Cibinong Bambang W Tawekal mengatakan, sesuai dengan intruksi Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri-RI) yang diterima oleh pihaknya tertuang dalam Inmendagri Nomor: 180/3935/SJ tentang Pengawasan Pungutan Liar dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Instruksi itu merupakan pelaksanaan dari amanat Pasal 286 ayat (2) UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli).

“Maka dari itu kami meningkatkan pembinaan dan pengawasan khususnya terhadap penyelenggaraan pada bagian pelayanan yang ada di kecamatan ini supaya tidak terjadi pungli tersebut,” kata Bambang saat ditemui bogorOnline.com di kantornya Rabu (2/11/16).

Sambung Sekretaris Camat ( Sekcam)Cibinong Andri Rahman menambahkan, bila ada oknum Pegawai kecamatan yang terbukti melakukan pungli, kalau meraka adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan diserahkan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk diproses secara aturan yang ada, kalau honorer bisa langsung diberhantikan.

“Maka mudah-mudahan jangan sampai ada oknum dari sini yang terlibat pungli itu,” ujarnya.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.