PDAM Tirta Kahuripan Pertahankan Predikat BUMD Sehat

Cibinong, bogoronline.com – Perusahaan Daerah Air Minum  (PDAM) Tirta kahuripan mempertahankan predikat sebagai perusahaan BUMD sehat dan berkinerja baik. Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSAM), Kementrian Pekerjaan Umum menilai PDAM Tirta Kahuripan tergolong sebagai perusahaan daerah yang sehat. Penilaian tersebut meliputi Aspek Keuangan, Aspek Pelayanan, Aspek Operasi dan Aspek SDM. “Penilaian BPPSAM terhadap empat aspek tersebut, PDAM Tirta Kahuripan dinyatakan sebagai perusahaan yang sehat,” ujar Pjs. Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan, Hadi Mulya Asmat. Dari aspek keuangan, PDAM Tirta kahuripan pada 2015 mendapat nilai 35,25. Angka ini naik sebesar 5,25 dari Tahun 2007.

Berikut tabel Laba Rugi yang menunjukkan kenaikan dari tahun ke tahun :

pdam

Adapun aspek operasional, naik sebesar 3,4 persen menjadi 21,28. Aspek pelayanan pada 2015 mendapat nilai 15 persen, sementara aspek kinerja sebesar 71,53.

 

Segala peningkatan ini dapat dicapai atas kerjasama banyak pihak yakni dukungan pemerintah dan DPRD dan juga kerja keras pegawai PDAM dalam memberikan pelayanan terbaik dan menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan kualitas, kuantitas dan kontinuitas air yang baik. PDAM juga terus meningkatkan laba atau keuntungan.  Laba  perusahaan mengalami peningkatan yang cukup signifikan, pada tahun 2012 laba perusahaan mencapai 35 Milyar dan sampai dengan tahun 2015 telah mencapai 45 Milyar.

 

PDAM Tirta kahuripan juga telah menyerap sekitar 648 tenaga kerja dan menjadi 607 pegawai setelah pada November 2015 lalu, sebagian aset dan SDM diserahterimakan ke Pemerintah Kota Depok.

Manajemen PDAM Tirta Kahuripan, juga memperhatikan aspek keberlanjutan bahan baku dengan perkembangan dan terus meningkatkan produksi. Tahun 2014, produksi air PDAM Tirta kahuripan mencapai 64 juta meter kubik, naik 13 juta meter kubik dibanding 2007. Daerah pelayanan PDAM Tirta Kahuripan mencapai 25 Kecamatan dari 40 Kecamatan di Kabupaten Bogor dan 4 Kecamatan dari 5 Kecamatan di Kota Bogor. Jumlah sambungan langganan yang telah dicapai oleh PDAM Tirta Kahuripan sampai dengan bulan Oktober 2016 adalah sebanyak 138.046 SL.

 

PDAM Tirta Kahuripan selalu ingin meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan, yang diantaranya adalah upaya sebagai  berikut :

 

  1. Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh PDAM Tirta Kahuripan dalam hal billing transaction, diantaranya adalah pembayaran secara online atau E-payment. Melalui fasilitas ini pelanggan tidak perlu lagi datang ke loket-loket PDAM Tirta Kahuripan untuk membayar rekening air, pelanggan bisa dengan mudah membayar melalui ATM Bank Mandiri (dengan mengetik kode perusahaan 30105),  ATM BNI (1308), loket PPOB mitra BNI dan Bank Bukopin serta kantor Pos dimana dan kapan saja sebelum batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20 atau diundur satu hari pada hari kerja berikutnya apabila tanggal 20 jatuh pada hari libur.
  1. PDAM Tirta Kahuripan memberikan diskon 50% untuk biaya sambungan baru yang berlaku hingga Bulan Desember 2016. Pjs Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan Hadi Mulya Asmat mengatakan Program Diskon Penyambungan Baru ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen PDAM Tirta Kahuripan menuju target 100% Layanan Air Bersih tahun 2019. Namun program diskon yang diselenggarakan oleh PDAM Tirta Kahuripan hanya berlaku untuk wilayah Pelayanan Parung Panjang dan Pelayanan Cibinong. (*)

 

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.