Rancabungur Jamin Proses Administrasi Bebas Biaya

BogorOnline.com, RANCABUNGUR- Kecamatan Rancabungur bertekad memberikan layanan terbaik kepada seluruh masyarakat dan menjamin semua layanan terbebas dari pungutan. Langkah ini merupakan implementasi dari perintah Presiden Joko Widodo.

“Semua pelayanan di luar penerbitan izin mendirikan bangunan (IMB) tidak dikenakan biaya atau gratis, nah bila masih ada pegawai yang meminta imbalan atas layanan yang diberikan, kami minta masyarakat aktif melapor,” tegas Sekretaris Kecamatan Rancabungur Supriyadi, Rabu (9/11).

Supriyadi menegaskan, untuk meyakinkan masyarakat, jika semua pelayanan administrasi bebas pungutan, di halaman kantor telah dipasangan spanduk bebas pungutan. “Spanduk telah dipasang sejak satu pekan lalu, setelah pemerintah pusat membentuk tim pembebasan pungli,” ujarnya.

Supriyadi menegaskan, pegawai yang masih nekat minta imbalan dari masyarakat, bakal dikenakan sanksi dari mulai teguran hingga penururan pangkat atau bahkan pemecatan tidak hormat.

“Saya ingatkan kepada semua pegawai agar jangan coba-coba minta duit kepada masyarakat, kalau memang masih betah jadi pegawai negeri dan sayang akan keluarga di rumah,” pintanya.

Langkah Kecamatan Rancabungur yang melarang adanya pungli diapresiasi warga. “PNS atau pegawai honor kan dibayar oleh rakyat melalui uang pajak, salah satu tugasnya melayani masyarakat. Jadi keterlaluan, bila masih minta imbalan,” kata Yunus.

Yunus pun berharap, pelayanan bebas pungli tidak sekedar hangat-hangat tahi ayam saja. “Jangan sampai pas bulan pertama bener, tapi bulan berikutnya kebiasaan lama ini terulang lagi,” tutupnya. (Cex)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.