Kabupaten Bogor Kekurangan Ambulans

CIBINONG- Kabupaten Bogor, dengan luas wilayah mencakup 40 kecamatan dan berpenduduk 5,4 juta jiwa, hanya memiliki tiga unit mobil ambulans resmi milik PMI.

Hal itu diungkapkan Kepala Markas PMI Kabupaten Bogor, Abidin. Dia mengatakan, Bumi Tegar Beriman idealnya memiliki lima unit ambulans lengkap dengan peralatan medis.

“Di kita baru ada tiga ambulans. Yang punya peralatan medis lengkap dua. Karena yang satu untuk membawa jenazah,” kata Abidin di sela pelatihan mitagasi bencana di Kelurahan Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kamis (29/12).

Abidin

Pelatihan mitigasi ini diberikan sebagai bekal masyarakat dalam melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Selain itu, PMI Kabupaten Bogor juga terus melatih anggota PMI terutama sopir ambulans serta merangsang kesadaran masyarakat saat ada keadaan darurat.

“Misalnya, ambulans itu, kalau membawa korban kecelakaan. Kecepatan maksimal itu 50-60 kilometer per jam. Karena selain evakuasi, ambulans juga harua mengamankan,” kata dia.

Soal merangsang kesadaran masyarakat, ia berharap masyarakat bisa memberikan jalan saat ambulans lewat karena ambulans tidak bisa melaju secepat mungkin.

“Yang boleh nerobos nerobos itu saat ambulans kosong dan ada panggilan darurat. Maka kami harap pengguna jalan bisa memahami. Tapi, karena supir ambulans juga suka seenaknya. Gak ada apa-apa, tapi sirine nyala dan bunyi. Ini yang masih kami akan evaluasi,” tukasnya. (cex)