Kereta Rute Citayam-Parungpanjang Segera Tersedia

CIBINONG- Tak lama lagi, jalur kereta api Citayam-Parungpanjang segera tersedia. Badan Perencanaan Pembangungan dan Penelitian Daerah (Bappeda dan Litbang) Kabupaten Bogor pun telah menyambangi Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Menurut Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Bappeda Kabupaten Bogor, Ajat Jatnika menjelaskan, panjang lintasan kereta rel ganda ini terbentang sepanjang lebih dari 35 kilometer mulai dari Stasiun Parungpanjang ke arah Stasiun Citayam.

“Kami dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2016-2036, hanya untuk memagari lokasi-lokasi yang akan dibebaskan PT KAI sebagai lintasan kereta nantinya,” kata Ajat kepada BogorOnline.com, Minggu (29/1).

Ia menjelaskan, saat ini konsultan perencana telah menyelesaikan segala aspek perencanaan dasar yang dilakukan sejak Maret 2011. Intinya, kata dia, BPTJ berkomitmen melakukan percepatan jalur KA yang diklaim bisa menghemat waktu dari Bogor menuju Tangerang.

“Jadi nantinya nyambung dari Parungpanjang, Citayam, Cibinong, Nambo, Cileungsi, Jonggol, Cikarang, Priok. Itu bisa menghemat waktu 30 menit sampai satu jam. Termasuk kereta barang,” jelas Ajat.

Sementara lokasi yang akan dilewati jalur rel ganda kereta Parungpanjang-Citayam, antara lain, Desa Dangdang, Desa Sukamulya di Kecamatan Parungpanjang, kemudian Gunung Sindur, Desa Waru Jaya, Desa Pamagarsari, Desa Sasak Panjang dan Pabuaran.

Saat ini, kata Ajat, kondisi daerah untuk trase jalur KA masih berupa sawah ladang atau kebun dan sebagian pemukiman penduduk. Sehingga konsultan mengajukan tiga alternatif trase yang diusulkan.

Alternatif pertama, Berawal dari Stasiun Parungpanjang menelusuri Desa Dangdang, Desa Sukamulya, Gunung Sindur, Desa Waru Jaya, Desa Pamagarsari, Desa Sasak
Panjang dan berakhir di desa Pabuaran persilangan dengan sepur lintas
Jakarta–Bogor sebelah selatan Stasiun Citayam arah Bogor menuju ke
Nambo yang rencananya di buat overpass dan shelter.

Kemudian, alternatif kedua, berawal dari antara Stasiun Parungpanjang dan Stasiun Cicayur menelusuri desa Suradita–Sungai Cisadane-Gunung Sindur-Padurenan-Parung-Duren Seribu dan berakhir di sebelah Selatan Stasiun Citayam arah Bogor menuju ke Nambo.

Dan alternatif ketiga, berawal dari Stasiun Cicayur menelusuri Desa Suradita–Sungai Cisadane–Gunung Sindur–Padurenan–Parung–Duren Seribu dan berakhir di
sebelah Selatan Stasiun Citayam arah Bogor menuju ke Nambo Rencana. (cex)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.