Oknum DLLAJ Kabupaten Bogor Tertangkap Saber Pungli, Ini Kata Dewan Slamet

bogorOnline.com-Cibinong-

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor Slamet Mulyadi mengatakan, terkait oknum Dinas Lalu Lintas Angkutan  Jalan (DLLAJ) Kabupaten Bogor yang tertangkap Tim Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Pemkab Bogor beberapa hari yang lalu. Pihaknya memang baru mengetahui hal tersebut saat ini.

“Dengan kejadian itu tentunya membuat prihatin saya maka DLLAJ harus melakukan pembinaan mental kepada Petugasnya, supaya Pungli tidak terjadi lagi,” kata Slamet ketika ditemui bogorOnline.com di gedung Dewan Kamis (12/1/17).

Slamet menambahkan, dari dinas sendiri juga harus mulai memberikan pengarahan kepada Pegawainya supaya pungutan liar jangan terjadi lagi. Kalaupun sudah diberikan peringatan masih saja ada oknum maka perlu adanya tindakan tegas dari Petugas.

“Bila sudah berlebihan tentunya harus ada penindakan. Akan tetapi lebih mengedapankan pencegahan supaya Pungli itu tidak terjadi di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diatas,” tambahnya.

Sebelumnya, Tim Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Bogor bergerak cepat usai dilantik Bupati Bogor, Jumat (6/1/17). Mereka langsung menangkap petugas DLLAJ yang melakukan pungutan liar.

Pria berinisial ES (39), diamankan Tim Saber Pungli di Jalan Raya Narogong, Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, saat sedang menyetop kendaraan untuk menarik retribusi, Jumat (6/1/17).

Seperti yang di tuturkan Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunkus, saat itu ES sedang melakukan pungutan uang dengan memberikan karcis kepada mobil angkutan tarifnya Rp 500 dan Rp 1000.

“Jadi karcis retribusi tersebut dikeluarkan oleh DLLAJ Kabupaten Bogor tanpa ada tahun pengeluaran, pendapatan perhari berkisar dari Rp 120 ribu sampai Rp 130 ribu,” ujar Kombes Yusri dalam keterangannya.(rul)

Comments