Pelatih di Liga Indonesia Harus Punya Lisensi A-AFC

BANDUNG- PSSI bakal mengeluarkan kebijakan baru bagi pelatih yang ingin berkecimpung di belantika sepakbola nasional. Setidaknya, juru taktik harua mengantongi Lisensi A yang dikeluarkan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono di sela Kongres Tahunan PSSI di Hotel Aryaduta Bandung, Minggu (8/1). Aturan itu pun bakal diterapkan pada kompetisi level tertinggi di Indonesia yang mulai bergulir Maret mendatang.

“Ini rancangannya ya, karena regulasinya belum diketok. ISL (Liga Super Indonesia) itu pelatihnya harus lisensi A-AFC atau yang setara,” kata Joko dilansir CNNNewsIndonesia.com, Minggu (8/1).

Permasalahan lisensi memang membelit sejumlah pelatih yang sebelumnya menangani klub-klub Indonesian Soccer Championship. Para pelatih yang mengambil lisensi di Amerika Selatan, seperti pelatih Persipura Jayapura Angel Alfredo Vera, juga akan terbentur peraturan tersebut karena lisensi tersebut tidak diakui AFC.

Masalah sama juga membelit nama-nama seperti Gomes de Olivera dan Janio Matos.

Joko menyatakan, bahwa PSSI akan mendorong AFC untuk mengakui lisensi kepelatihan dari Benua Amerika Selatan sebagai jalan keluar.

“Diketahui, implementasi lisensi A (level tertinggi) itu tidak di semua benua. Lisensi A itu efektif di UEFA, AFC, CAF, tapi tidak di Amerika Latin. Oleh karenanya, untuk pelatih-pelatih yang lulus dari kursus di Amerika Latin, kami perlu untuk mendorong lisensi itu diakui konfederasi kami, yaitu AFC,” ucap Joko.

Hingga saat ini, manajemen Persipura belum menentukan masa depan pelatih yang sukses membawa mereka juara Indonesian Soccer Championship (ISC-A) tersebut.

Selain masih akan menggelar proses evaluasi, Persipura juga menanti regulasi lisensi pelatih di musim kompetisi mendatang. Alfredo sendiri hanya mengantongi lisensi pelatih yang diakui Federasi Sepak Bola Argentina.

Alfredo menyatakan, lisensi Argentina miliknya setara dengan Pro UEFA dan bisa melatih di 180 negara. “Untuk apa bikin lisensi di Eropa kalau kami Argentina juga diakui sebagai negara besar dalam hal sepak bola,” cetusnya dilansir CNN.

“Saya tidak tahu apa yang jadi masalah. Sebab, lisensi yang saya miliki saat ini wajib dimiliki pelatih profesional di Argentina. Apa yang saya punya sama dengan milik Diego Simeone (pelatih Atletico Madrid) dan Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur,” tukasnya. (cex/cnn)

Comments