Tahun Ini, PFI Bogor Akan Gelar Dua Event Besar.

Bogor – bogorOnline.com

Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor perkenalkan kepengurusan baru kepada Wali Kota Bogor Bima Arya, Selasa (17/1/17) di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Pajajaran, Bogor.

 Dalam pertemuan tersebut disampaikan juga keinginan PFI Bogor untuk menggelar event nasional yakni Anugrah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2017 pada Juni mendatang.

Ketua PFI Bogor Tjahyadi Ermawan mengatakan, Ajang APFI 2017 merupakan sebuah ajang penghargaan tertinggi bagi pewarta foto di seluruh Indonesia. Pada ajang ini tempat penyelenggaraan bersifat pencalonan dari kota-kota yang berminat. Salah satunya PFI Bogor yang juga menginginkan APFI 2017 bisa diselenggarakan di Kota Bogor. Namun, untuk mengikuti pencalonan dibutuhkan tempat yang mempunyai nilai sejarah seperti halnya saat APFI 2016 di Bandung digelar di Gedung Asia-Afrika. Namun, jika di Kota Bogor tidak memiliki tempat bersejarah bisa juga memilih tempat yang luas dan menarik banyak penonton.

“APFI 2017 ini bukan hanya pameran foto untuk pewarta Bogor saja tetapi dalam pencalonannya nanti membutuhkan kolaborasi dan sinergitas dari Pemerintah Kota Bogor dan pihak swasta karena berskala nasional,” tutur Tjahy sapaan akrabnya.

Tjahy menambahkan, gelaran APFI 2017 berbarengan dengan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-535 pada Juli mendatang, yang jika dimungkinkan bisa disinergikan menjadi satu rangkaian kegiatan HJB. Pasalnya di APFI 2017 akan memamerkan hasil foto terbaik dari seluruh pewarta se-Indonesia yang tentunya akan ikut menggaungkan Kota Bogor sebagai kota yang kerap menjadi tuan rumah dalam gelaran nasional ataupun internasional.

“Kami harap APFI 2017 bisa digelar di Kota Bogor apalagi Wali Kota Bogor Bima Arya turut mendukung acara ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, PFI Bogor juga menyambut baik permintaan Bima Arya untuk membuat pameran foto momentum tiga tahun. Pihaknya akan merancang kegiatan ini dan mengemasnya semenarik mungkin. Ia juga tak lupa mengucapkan terima kasih karena sudah memberikan kepercayaan kepada PFI Bogor untuk menggarap kegiatan ini.

“Kami akan memunculkan foto-foto kegiatan Bima selama tiga tahun karena foto itu lebih jujur dan bisa berbicara,” tandasnya.

Sementara itu, Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, ia selalu terbuka jika ada kesempatan Kota Bogor menjadi tuan rumah apalagi saat ini Kota Bogor pun akan menjadi tempat bagi tamu negara setelah adanya kunjungan Perdana Menteri Jepang beberapa waktu lalu. Dirinya berjanji akan selalu mensupport PFI Bogor saat melakukan pencalonan APFI 2017. Pemilihan tempat akan dirundingkan mencari tempat yang sesuai yakni ada unsur heritage dan menarik banyak penonton. Pada kesempatan tersebut ia juga mengajak bekerja sama PFI Bogor untuk membuat acara pameran foto momentum tiga tahun pemerintahannya pada April mendatang.

“Saya ingin ada pameran foto before-after dari seluruh kegiatan atau program selama tiga tahun yang dihimpun dalam pameran dam buku,” pungkasnya. (RZB).

Comments