Warga Desa Tamansari Antusias Ikuti Sosialisasi Program PRONA

Tamansari – bogorOnline.com

PRONA merupakan salah satu wujud upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan berpenghasilan rendah sampai dengan menengah. Biaya pengelolaan penyelenggaraan PRONA, seluruhnya dibebankan kepada rupiah murni di dalam APBN pada alokasi DIPA BPN RI. Sedangkan biaya-biaya yang berkaitan dengan alas hak/alat bukti perolehan/penguasaan tanah, patok batas, materai dan BPHTB/PPh menjadi tanggung jawab Peserta PRONA.

Ratusan warga Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, sangat antusias mengikuti sosialisasi Program Nasional Agraria (PRONA) di Kantor Desa Tamansari, Selasa (25/1/17).
Kepala Desa Tamansari, Gumilar Sutedja mengatakan, realisasi program tersebut merupakan momentum yang memang sangat di tunggu-tunggu oleh warganya. Program tersebut tidak bergulir setiap tahun, karena sebelumnya program PRONA pernah bergulir di wilayahnya tahun 1987 dan baru ada lagi tahun 2017. Maka dari itu, kami mengajak warga untuk memanfaatkan program ini sebaik – baiknya.
“Mari kita manfaatkan momentum ini, mari kita ikuti tahapannya supaya warga yang memiliki tanah belum bersertifikat bisa memiliki sertifikat, dengan berbagai kemudahan dan tentunya tanpa mengeluarkan biaya,” ungkap Gumilar Sutedja.
Tedja melanjutkan, Prona adalah salah satu bentuk kegiatan legalisasi asset dan pada hakekatnya merupakan proses administrasi pertanahan yang meliputi, adjudikasi, pendaftaran tanah sampai dengan penerbitan sertifikat/tanda bukti hak atas tanah dan diselenggarakan secara massal.
“Prona merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional
untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam penerbitan sertifikat tanahnya secara gratis,” pungkasnya. (RzB).

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.


Fatal error: Exception thrown without a stack frame in Unknown on line 0