RY Dipindah ke Lapas Gunungsindur?

BOGOR- Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin terdaftar sebagai nama yang akan dipindahkan ke Lapas Gunungsindur dari Lapas Sukamiskin, Bandung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Mengutip laporan investigasi Majalah Tempo yang terbit edisi 6-12 Februari 2017, para narapidana kasus korupsi seperti Anggoro Widjojo, mantan Wali Kota Bekasi Mochtar Muhammad, mantan Wali Kota Palembang Romi Herton serta mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin, diduga bebas seliweran ke sejumlah apartemen di Kota Bandung.

Laoly menyampaikan, Anggoro Widjojo sudah dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Gunungsindur. Sedang yang lainnya, eks Wali Kota Palembang Romi Herton, eks Bupati Bogor Rachmat Yasin, dan eks Wali Kota Bekasi Mochtar Muhammad masih dalam persiapan pemindahan. Gunungsindur merupakan tahanan untuk napi narkoba dan memiliki keamanan tingkat tinggi.

“Si Anggoro sudah kami kirim ke Sindur jam 4 pagi. Yang dua lain, kan dikosongin dulu ruangannya dong. Kan di sana ruangan (Gunung Sindur) harus kami siapin, tidak cukup. Karena di sana ada bandar Narkoba juga. Jadi kami geser dulu (napi di Lapas Gunung Sindur) nanti kita lihat siapa yang kami kirim belakangan ke sana,” jelas Laoly.

Sedang untuk Kalapas Dedi Handoko menurut Laoly sedang dalam proses pemeriksaan. Namun menurut dia, sejauh ini Kalapas sudah berlaku tegas.

“Sebenarnya si Dedi (Kalapas Sukamiskin) itu orangnya keras sampai di demo berkali-kali sama dikirim surat oleh semua narapidana. Berapa puluh napi di sana protes bahwa dia terlalu tidak menghargai hak asasi manusia mereka,” bebernya.

Entah apa yang salah, padahal napi saat keluar Lapas dikawal sipir dan polisi. Tapi tetap saja mereka bisa pelesiran.

“Hanya ini pasti sulit. Yang memberi kan pasti tidak mau mengaku. Yang menerima juga tidak akan mau ngaku,” tutup dia.

Status sebagai tahanan Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin tidak membuat sejumlah narapidana korupsi terkekang. Hanya dengan merogoh kocek Rp 5-10 juta, mereka bebas pelesir untuk mendapatkan sejumlah hiburan yang tidak bisa mereka nikmati di balik jeruji. (cex/banyak sumber)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.