TNI AU Tunjukkan Taring Pada Israel

bogorOnline.com-
Penerbangan PM Israel Benjamin Netanyahu mengambil jalan memutar menghindari teritori udara Indonesia.

TRIBUNNEWS.COM – Unggahan foto dan status di akun Twitter TNI AU yang terverifikasi jadi viral. “….. PM IsraelNetanyahu dipaksa berputar…” Demikian petikan cuit, Jumat (24/2/2017).

Melalui akun Twitter @_TNIAU sebuah postingan menyita perhatian publik.

“Kohanudnas menunjukkan taringnya!! PM Israel Netanyahu dipaksa berputar utk ke Australia! Kita tidak mengijinkan mrk melalui wil udara RI,” kicau @_TNIAU.

Tweet tersebut dengan cepat menyebar, hingga berita ini diunggah ada puluhan tanggapan netizen, 735 retweets dan 558 likes.

Pada kicauan tersebut admin Twitter juga posting terjemahan berita dari independent.co.uk serta gambar perjalanan pesawat Israel, bagaimana pesawat tersebut harus memutar atau tidak melewati teritori Indonesia.

Tweet ini menuai banyak pujian.

Netizen mengaku bangga dengan ketegasan pertahanan udara RI.

Selain itu peristiwa ini menunjukkan bagaimana Indonesia memiliki posisi tawar di mata negara lain.

Meski demikian ada juga beberapa netizen yang mengingatkan kalau selama ini banyak warga Indonesia yang ke Israeluntuk berziarah, jangan sampai hal ini berefek tak baik.

Perdana Menteri Israel ambil jalan memutar

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengambil jalan memutar dengan penerbangan panjang dari Singapura ke Australia.

Seperti dilansir dari independent.co.uk, Netannyahu harus menambah waktu penerbangan dua jam perjalanan untuk menghindari memasuki wilayah udara Indonesia.

Pesawat El Al ini mengambil jalan memutar agar tak memasuki wilayah udara Indonesia.

Padahal biasanya Singapura ke Sydney hanya memakan waktu 8,5 jam dengan cara ini penerbangan Netanyahu lebih dari 11 jam.

Situs pelcakan pesawat memperlihatkan bagaimana rute pesawat tersebut mengambil jalan memutar jauh agar tak terbang di atas wilayah Indonesia.

Sementara perjalanan dari Singapura ke Sydney biasanya memakan waktu delapan setengah jam, El Al penerbangan Netanyahu mengambil lebih dari 11. situs pelacakan pesawat menunjukkan bahwa jalan pesawat itu mengambil jalan memutar tajam agar tidak terbang di atas Indonesia.

Ketika ditanya Guardian, seorang sumber yang mewakili pihak Netanyahu menegaskan terkait jalur penerbangan pesawat, tetapi tidak merinci mengapa pesawat itu mengambil rute yang tidak biasa.

El Al, merupaka maskapai nasional Israel, dikenal selama ini tidak menggunakan wilayah udara beberapa negara mayoritas Muslim, meskipun Indonesia tidak masuk dalam daftar larangan.

Israel dan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik formal.

Indonesia merupakan pendukung kuat dari negara Palestina yang merdeka. Indonesia satu dari empat sponsor resolusi mengutuk pembangunan pemukiman kontroversial PBB di Tepi Barat dan Yerusalem.

Ada beberapa program wisata dan perdagangan antara kedua negara dan dalam beberapa tahun terakhir upaya telah dilakukan untuk menormalkan hubungan.

Pada Maret 2016 Netanyahu mengatakan kepada wartawan Indonesia kalau masing-masing negara (Israel dan Indonesia) bersekutu melawan terorisme dan menyerukan pembentukan hubungan diplomatik formal.

Tanggapan dari Jakarta suam-suam kuku, namun Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan pada saat itu bahwa Palestina harus diberikan kemerdekaan sebelum langkah-langkah tersebut dapat diambil.

Netanyahu tiba di Sydney untuk kunjungan empat hari ke Australia pada hari Rabu.(rul)

Sumber: m.tribunnews.com

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.