Waspada Mesin Berisik, Gara-Gara Oli

bogorOnline.com-

Basis motor Honda lawas tipe sport seperti GL-Pro, Tiger, maupun Megapro, kerap didapati gejala suara berisik di sekitar mesin. Namun asal bunyi tersebut, bukan dari rantai keteng yang kendor. Tetapi dari area silinder head yang di dalamnya terdapat komponen berupa noken as ataupun pelatuk kem. Sehingga mengakibatkan tenaga mesin jadi agak ngedrop. Sobat harus mewaspadai gejala ini, sebab banyakmesin berisik gara-gara oli. Nah kenapa tuh.

“Itu disebabkan karena oli yang menyembur dari lubang kecil pada dinding tempat noken as tidak dapat keluar secara maksimal. Kemungkinan akibat tersumbat oleh kotoran serta lem perekat dari gasket,” sahut Ismail dari bengkel Simbah Mail 126.

Untuk lebih jelasnya, pastikan dulu dengan membuka kepala silinder pada mesin. Lanjut cek posisi lubang kecil di sekitar dinding tempat noken as berada. Akibat oli yang tersumbat, nantinya dapat membuat gesekan antara noken as dan kedua pelatuk kemnya menjadi keras karena tidak ada pelumas. Sehingga mudah aus karena minimnya semburan pelumas dari oli mesin.

Solusinya, lubang kecil di dinding head bisa diperbesar sedikit lagi dengan gunakan mata bor ukuran 2 mm. “Biar nanti bisa membasahi lagi area kem, dan menyembur untuk melumasi permukaan noken as juga. Perlu hati-hati ketika mengebor lubangnya itu, agar tidak terlalu dalam dan melebar dari posisi aslinya, “ujar Simbah Mail, yang stand by di Jl. Kramat Mulya, Cigalagah, Kuningan, Jawa Barat.

Selain itu pastikan juga pompa oli berfungsi dengan maksimal.(rul)

Sumber: read.motorplus-online.com

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.