Kanit Pasar Cicangkal Janji Tangani Dampak Sampah Pasar Ke Lingkungan Warga

RUMPIN – Adanya dampak sampah yang terbawa air hujan dan diduga berasal dari pasar Cicangkal sehingga masuk ke areal pemukiman warga, ditanggapi serius Mulyadi, Kepala Unit Pasar Cicangkal. Dia mengaku, sudah melakukan pengecekan ke lokasi dan melaporkan hasil temuannya kepada pimpinannya di PD Pasar Tohaga. Meski menolak adanya sampah ke pemukiman warga berasal dari sampah pasar, namun Mulyadi berjanji segera akan mencari solusi nyata guna mengatasi perbaikan dakuean air. Hal ini menurutnya, agar tidak mengganggu warga Kp. Lebak Pasar khususnya dan warga lainnya. “In-sya Allah dalam waktu dekat ini, akan segera dibuat sumur resapan khusus limbah ayam. Kami juga berencana membagi aliran air yang melintas dari jalan melewati pasar, dan menuju saluran warga kampung lebak pasar,” ucap Mulyadi kepada wartawan, Kamis (23/3/2017).

Terkait informasi sampah yang merambah ke pemukiman warga Kp. Lebak Pasar tersebut, Mulyadi tetap membantahnya. Dirinya mensinyalir bahwa sampah tersebut justeru datang dari tempat lain. “sepertinya bukan sampah dari pasar, karena kami sudah rutin lakukan penarikan sampah bekerjasama dengan DLHK. Saya juga selalu siapkan petugas khusus dilokasi TPS (tempat pembuangan sampah sementara-red),” tuturnya. Namun Mulyadi mengakui, jika limbah ayam dari pasar Cicangkal memang merambah ke saluran air pemukiman warga. Hal itu disebabkan karena salurannya mengarah ke sana. “Mudah-mudahan ada solusi yang bisa segera diwujudkan. Saya sudah lakukan pengecekan langsung ke lokasi kampung Lebak Pasar. Termasuk memeriksa lokasi saluran lama yang sudah tertutup dan menuju setu di arah utara pasar.” Ujarnya menerangkan.

Sebelumnya warga Kampung Lebak Pasar mengeluhkan adanya kiriman sampah pasar yang memasuki pemukiman warga saat hujan turun. Menurut Sabaas (45) Ketua RT 03, saat hujan turun, air dari Pasar Cicangkal disertai sampah masuk ke pemukiman warga. Melihat hal itu, Dirinya mengaku sudah melayangkan protes ke pihak pengelola pasar Cicangkal.Tapi hingga kini belum juga ada tanggapan serius. “Saya sudah melaporkan bahwa sampah sering masuk ke pemukiman warga di saat musim hujan. Tapi hingga kini belum ada tanggapan serius. Maka saya mohon ke pihak pengelola pasar segera membangun bak sampah, supaya saat musim hujan tidak merambat ke pemukiman warga.” kata Ketua RT Kampung Lebak Pasar menegaskan, (mul).

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.