Ke Indahan Alam Curug Cipamingkis, Berbasis Masyarakat

SUKAMAKMUR-

Curug Cipamingkis milik lahan Perhutani menjadi daya tarik wisata karena keindahan alamanya yang
berbasis masyarakat terletak di Jalan Raya Jonggol-Sukamakmur-Cipanas, Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor ketika awak media melakukan Farm Trip Journalist 2017 dangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab Bogor.

Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Cipamingkis, Endang Kusmaya mengatakan, pengelolaan objek wisata alam di Desa Wargajaya ini dikelola oleh Perhutani yanh melibatkan sejumlah warga masyarakat yang berada di sekitar hutan. Sehingga dalam memperoleh keuntungan dari kunjungan wisatawan, pihaknya menerapkan bagi hasil dengan warga sekitar.

“Persentase pembagian keuntungan itu 30 persen untuk warga dan 70 persen untuk Perhutani,” kata Endang ketika saat ditemui bogorOnline.com di lokasi.

Endang menambahkan, masyarakat yang terlibat didalam pengelolaan objek wisata curug dan rumah pohon ini terdapat dalam satu wadah. Para pekerja yang bukan dari Perhutani ada dalam Lembaga Masyarakat di Sekitar Hutan (LMDH). Mereka juga yang mengelola parkir secara sepenuhnya di tempat ini.

“Memiliki nuansa alam yang tidak kalah menariknya dengan wisata alam lainnya di Kabupaten Bogor,” tambahnya.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.