Tips Optimalkan Kinerja, RAM Android

bogorOnline.com-

RAM pada perangkat Android memang tidak dapat diubah atau ditambahkan seperti pada PC. Jika memang pihak vendor dari perangkat Android tersebut sudah menetapkan jumlah RAM-nya, maka perangkat Android Anda pun akan selamanya menggunakan kapasitas RAM tersebut. Akan tetapi, biasanya jumlah RAM yang terpasang tersebut masih membuat kinerja hp Android Anda menjadi melambat, karena mungkin digunakan oleh aplikasi atau sistem operasi itu sendiri.

Nah, di bawah ini Saya akan membagikan artikel tutorial kepada Anda tentang cara untuk melepaskan atau mengoptimalkan kinerja RAM agar bisa lebih lega.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan mendownload dan menginstall aplikasi yang bernama Smart Booster. Aplikasi ini sudah tersedia di dalam halaman Google Play Store untuk bisa Anda pasang di hp Android Anda langsung.Jika aplikasinya tersebut sudah terinstall, maka langkah selanjutnya adalah dengan langsung membuka aplikasi Smart Booster tersebut, lalu tap pada tombol yang bertuliskan Start Now. Untuk membuat RAM Anda bekerja secara optimal dan maksimal, maka silahkan Anda tap pada ikon yang berbentuk roket yang ada di dalam tampilan aplikasi tersebut.

Jika memang jumlah RAM yang sudah dilepaskan masih belum cukup, maka Anda bisa melakukan optimasi lagi untuk lebih memaksimalkan lagi kinerja RAM Anda dengan cara, masuk ke dalam menu Settings aplikasi tersebut, lalu pilih pada menu RAM Boost. Kemudian silahkan Anda ubah pada Boost Levelnya ke opsi Aggressive.

Masih berada di dalam menu RAM Boost tersebut, silahkan Anda berikan tanda centang pada opsi yang bertuliskan Boost when screen off. Kemudian Anda set juga pada opsi yang bertuliskan Delay to boost when screen off menjadi pada opsi Immediately.

Anda pun bisa mengatur agar opsi penggunaan RAM ini secara otomatis, agar jumlah RAM Anda tidak terpakai secara maksimal terus menerus dengan cara, memberikan centang pada opsi Boost automatically. Lalu Anda ganti pada RAM threshold (MB), menjadi kapasitas 100MB. Selanjutnya Anda atur juga pada Boost interval-nya, menjadi setiap 5 minutes atau sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

Tambahan cara pengguna aplikasi Smart Booster ini untuk membuat kinerja RAM pada hp Android Anda bisa bekerja lebih maksimal dan optimal adalah untuk Android yang sudah diroot.

Jika memang perangkat Android Anda sudah diroot, maka silahkan Anda masuk pada menu Experimental, kemudian berikan tanda centang pada opsi Root RAM Booster. Fitur ini akan menambah jumlah RAM menjadi lebih maksimal.

Contoh penggunaan hp Android sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Smart Booster ini untuk melepaskan jumlah RAM yang tertahan tersebut.

Berdasarkan gambar di atas, kini jumlah RAM pada perangkat Android Anda pun semakin besar (lega), yang tentunya bisa membuat kinerja dari perangkat Android Anda menjadi lebih optimal lagi. Silahkan Anda bagikan jika memang artikel ini bermanfaat untuk Anda.(rul)

Sumber: segiempat.com

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.