Mendagri, Satpol PP dan Linmas Adalah Garda Terdepan Dalam Penegakan Perda

Bogor – bogorOnline.com
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) nya yang ke-67. Dalam kesempatan tersebut sekaligus juga dilangsungkan peringatan HUT Linmas ke-55 dan HUT Damkar yang ke-98 tingkat Kota Bogor. Acara digelar di Plaza Balaikota Bogor, Rabu (19/4/17).
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo dalam amanatnya yang disampaikan oleh Walikota Bogor Bima Arya menyampaikan rasa bangganya atas pengabdian Satpol PP dan Satlinmas sebagai garda terdepan dalam menegakkan peraturan di daerah serta perlindungan terhadap masyarakat.
“Atas nama pemerintah, saya mengucapkan Dirgahayu Satpol PP ke-67 dan Dirgahayu ke-55 Satlinmas serta turut bangga atas pengabdian yang telah dilakukan,” kata Tjahyo Kumolo.
Sebagai pembina Satpol PP Nasional, Mendagri mengungkapkan Satpol PP harus mampu memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Hal ini lantaran mengingat banyaknya ancaman, halangan, tantangan yang dapat mengganggu ketentraman di masyarakat. Keberadaan Satpol PP menurut dia akan berpotensi lebih kuat tentunya apabila dibantu oleh Satlinmas. Dengan bertambahnya usia Satpol PP dan Satlinmas, Mendagri terus menekankan pentingnya dialog serta mengajak Satpol PP dan Satlinmas tetap bersikap ramah kepada masyarakat.
“Dalam menjalankan tugas, Satpol PP harus mengedepankan dialog dan terus ramah terhadap masyarakat,” jelas Mendagri.
Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya memberikan tiga pesan kepada jajaran Satpol PP dan Linmas. Pertama, jangan lupa bahwa kita semua adalah pelayan publik, yang kita layani adalah rakyat. Kita harus bebas dari semua kepentingan, baik kepentingan politik, ekonomi dan bisnis.
“Jangan pernah kita semua menjadi alat kepentingan jangka pendek,” tegas Bima.
Kedua, jangan pernah takut karena selama kita bertugas dilindungi Undang-Undang (UU) dan aturan. Sejauh yang kita lakukan sesuai dengan Undang-Undang dan peraturan, maju terus panjang mundur jangan pernah ragu.
“Karena langkah kita adalah untuk menegakan Peraturan Daerah (Perda),” katanya.
Ketiga, jangan kendor dan terus bergerak serta konsisten. Cek kondisi pedestrian seputaran Kebun Raya Bogor (KRB) secara rutin, termasuk di jalan MA Salmun, Suryakencana, Pasar Bogor dan titik-titik yang rawan terjadinya pelanggaran Perda.
“Jaga stamina, fisik dan keimanan, mudah-mudah Allah SWT melindungi langkah kita demi kemaslahatan rakyat banyak,” harap Bima.
Peringatan HUT Satpol PP ke-67 dan Linmas ke-55 sekaligus HUT Damkar ke-98 tingkat Kota Bogor itu menampilkan Simulasi penanganan kebakaran oleh petugas Pemadam Kebakaran (Damkar), Pencak silat oleh Satpol PP, Tarung Drajat Srikandi Satpol PP dan ditutup tarian Maumere secara massal. (Nai)

Comments