Puting Beliung Ratusan Rumah di Ciseeng Porak Poranda

CISEENG – Hujan disertai angin kencang yang terjadi pada Rabu sore (19/4) telah memporak porandakan ratusan rumah warga dari 4 (empat) kampung di Desa Cibeuteung Udik Kecamatan Ciseeng. Tercatat ada ratusan Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya menjadi korban tiupan angin puting beliung, dengan skala kerusakan berat, sedang dan ringan. Para korban tersenut tinggal di Kampung Blok Sukun, Cikupa, Cigelap dan Siliwangi.

Kepala Desa Cibeuteung Udik Bambang Indra Gunawan mengatakan, kejadian musibah terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. “Saat itu saya langsung ke lokasi bencana, untuk melakukan upaya pengamanan warga agar tidak menimbulkan korban,” ujar Kades kepada awak media, Kamis (20/4/2017).

Bambang menceritakan, saat terjadi bencana, hujan turun dengan intensitas kecil, namun dibarengi angin kencang dan petir menggelegar. Dalam waktu setengah jam, dampaknya ratusan rumah warga hancur, bahkan beberapa pohon besar juga ikut tumbang.

“rumah yang mengalami kerusakan terdiri dari rusak berat sekitar 20 persen, sedang 60 persen dan ringan 20 persen. Untuk korban, sebanyak lima orang mengalami luka-luka, atas nama Minan (40), Ria (7), Mono (49), Mimin (35) dan Ripal (17). Kelimanya adalah warga RW 04 dan sudah mendapatkan pengobatan di Puskesmas,” tururnya.

Masih kata Kades, saat ini upaya yang dilakukan adalah mengungsikan warga yang rumahnya mengalami rusak berat. “Para korban saat ini dirampung dirumah kerabat, keluarga dan saudara. Jika tidak memiliki sanak saudara, maka kantor desa akan menjadi pos pengungsian sementara.” kata Bambang Indra Gunawan.

Sementara Camat Ciseeng dan unsur Muspika dari Koramil Parung dan Polsek Parung, langsung mendatangi lokasi bencana dan membantu proses evakuasi korban serta membantu membersihkan puing-puing rumah serta pepohonan yang tumbang. Menurut Sekcam Ciseeng E. Rismawan menuturkan, pasca bencana terjadi, pihak Pemerintah Kecamatan Ciseeng langsung terjun ke lokasi dan melakukan pendataan berbagai hal yang terdampak musibah tersebut. “Dari inventarisasi yang dilakukan, ada 31 KK yang rumahnya mengalami rusak berat, 226 KK rusak sedang dam 3 KK rusak ringan,” ucapnya.

Dia menambahkan, ada 6 orang warga yang mengalami luka ringan dan sudah ditangani Dinas Kesehatan. Selain itu, pihaknya juga sudah memberikan laporan serta koordinasi dengan berbagai pihak di antaranya, seperti BPBD, Badan Ketahanan Pangan, PMI dan Dinkes Kabupaten Bogor. “Secara umum para korban angin puting beliung ini, sangat membutuhkan bantuan makanan, obat-obatan serta material bangunan.” kata Sekcam E. Rismawan.

“Camat Edi Muslihat dan unsur Muspika Ciseeng meninjau langsung lokasi bencana puting beliung di Desa Cibeuteung Udik, pungkasnya, (mul).

Comments