Ada Kontes Caladium di Desa Tamansari, Pesertanya Dari Seluruh Wilayah Indonesia

Tamansari – bogorOnline.com
Caladium, adalah kelompok tanaman dari keluarga Araceae. Di Indonesia kelompok tanaman ini biasa disebut sebagai Keladi. Caladium masih terkait erat dengan Alocasia, Colocasia dan Xanthosoma.
Salah satu speciesnya yang paling populer adalah Caladium bicolor, Caladium tumbuh di daerah terbuka dari hutan dan di tepi sungai, pada tanaman liar tumbuh tinggi sekitar 40-90 cm dan luas daun bisa mencapai 15-45 cm.
Sebagian dari genus Caladium bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Sejak akhir abad 18 Caladium telah dibudidayakan, terutama yang memiliki penampilan menarik dengan pola variasi warna putih, merah muda, dan merah.
Karna keindahan nya itulah, para pecinta tanaman hias yang tergabung dalam, Pecinta Alocasia Caladium dan Colocasia Indonesia (PACCI) Bogor, menggelar kontes dan bursa tanaman hias Caladium di Setu Tamansari, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Minggu (30/4/17).
Kepala Desa Tamansari, Gumilar Sutedja, mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung sekali kegiatan ini, pasalnya, kegiatan ini sangat positif sekali, apalagi kontes tanaman hias jenis Caladium ini, baru pertama kali diselenggarakan di wilayahnya, bahkan mungkin ini yang pertama kalinya diselenggarakan di Bogor.
“Pada prinsipnya saya mendukung kegiatan kontes tanaman hias ini, karena dapat memberdayakan masyarakat,” ungkap Gumilar kepada wartawan di lokasi kegiatan, Minggu (30/4/17).
Kades Tamansari yang juga peduli terhadap Sejarah dan Budaya ini melanjutkan, kami harap kontes Caladium ini, dapat dilaksanakan di wilayahnya secara rutin.
“Malah kalau bisa setahun sekali diadakan karena ini pertama kali kontes tanaman hias jenis Caladium di Bogor,” tandas Gumilar.
Sementara itu, Abdullah, panitia pelaksana acara, menuturkan, biasanya para pecinta tanaman hias Caladium berkomunikasi melalui group Facebook ataupun media sosial lain nya, sebagai sarana untuk menyatukan penghobi tanaman tersebut dari seluruh Indonesia. Dalam kegiatan kali ini, bukan hanya menggelar perlombaan saja, namun juga sebagai ajang silaturahmi sesama penghobi Caladium.
“Pesertanya ada dari berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya seperti dari Medan, Jawa Tengah, Jawa Timur dan wilayah lainnya. Caladium ini , membutuhkan penyiraman moderat (lembab, tidak terlalu basah), sebagian besar lebih menyukai tempat teduh. Dalam beberapa tahun terakhir banyak varietas baru tersedia melalui pemuliaan dan sebagian besar lebih tahan terhadap penyakit,” pungkasnya. (Nai)

Comments